Bagaimana Kondisi Eye Wash Di Tempat Kerja Anda ?

Safety, Cara membersihkan eye wash, Bahaya yang ada pada eye wash, Bakteri yang sering muncul dalam eye wash, Health,

Keselamatan dan Kesehatan KerjaEye wash merupakan salah satu peralatan darurat yang kerap sekali kita temui di area kerja. Fungsi Eye wash adalah untuk membersihkan mata ketika terjadi sesuatu seperti terkena semburan bahan kimia, terkena serpihan, dan lain sebagainya. Memiliki Eye wash di area kerja tentunya sangat membantu dan memang diperlukan, namun bukan hanya ada atau tidaknya saja yang perlu diperhatikan. Kebersihan dan berfungsi atau tidaknya juga merupakan hal yang penting yang perlu diperhatikan.

Sudah bersihkah Eye Wash Anda?

Stasiun pencucian mata (Eye wash) merupakan tampungan air bersih yang diperuntukkan bagi pekerja untuk membersihkan mata, hal ini biasanya hanya dilakukan sesekali saja. Apakah pernah terbayang dibenak kita semua bagaimana dengan kondisi air yang ada di dalam Eye wash yang lama sudah tidak digunakan dan tidak dilakukan perawatan.

 

Dikutip dari OSHA bahwa banyak ditemukan adanya organisme yang tumbuh di dalam air Eye wash yang lama tidak digunakan dan tidak dilakukan pembersihan. Organisme yang sering muncul adalah acanthamoeba, pseudomonas, legionella. Apabila ada pekerja yang mencuci matanya dengan air yang mengandung organisme tersebut maka akan mengakibatkan infeksi pada mata, keluhan yang biasa terjadi adalah mata memerah dan pandangan kabur dan radang untuk beberapa hari.

 

Masalah pada mata pekerja akan timbul jika kondisi kebersihan air di dalam Eye wash tidak diperhatikan, dilansir dari OSHA berikut beberapa gambaran mengenai organisme yang biasa muncul di dalam air Eye wash:
  1. Acanthamoeba dapat menyebabkan infeksi mata, ada beberapa kasus namun jarang bahwa organisme keratitis acanthamoeba yang dapat menyebabkan infeksi neurologis atau seluruh tubuh.
  2. Pseudomonas aeruginosa dapat menyebabkan mata, kulit, otot dan infeksi paru-paru. Tanda-tanda infeksi ini adalah nanah hijau-biru di sekitar daerah yang terinfeksi. Jika infeksi ini menyebar melalui aliran darah, “pekerja dapat menjadi sangat sakit dengan demam, menggigil, kebingungan, shock, dan bahkan kematian.” Selain itu, infeksi dari pseudomonas aeruginosa bisa sulit untuk mengobati karena telah mengembangkan resistensi terhadap sejumlah antibiotik. 
  3. Legionella adalah sekelompok bakteri yang hidup di alam dengan amuba yang dapat menyebabkan infeksi paru-paru yang parah. Karena acanthamoeba adalah host efektif untuk legionella, keduanya dapat hidup bersamaan dalam air Eye wash yang terkontaminasi. “Meskipun legionella tidak menyebabkan infeksi mata, menghirup tetesan air yang mengandung bakteri dapat menyebabkan penyakit Legionnaires ‘, bentuk parah dan fatal pneumonia,”
Tentunya ini sangat mengkhawatirkan bagi pekerja, jika tidak ada petugas yang melakukan pembersihan pada Eye wash maka peluang pekerja terserang bakteri-bakteri di atas cukup besar. Untuk mengantisipasi hal itu, maka bacalah petunjuk yang ada di buku panduan ketika anda membeli Eye wash. Kapan dan bagaimana cara penanganan atau cara perawatan terhadap Eye wash yang dianjurkan. Luangkanlah waktu untuk terus memantau kebersihan Eye wash, dan lakukan pergantian air yang ada di dalamnya secara berkala walaupun tidak digunakan.

Referensi :
http://www.safetyandhealthmagazine.com/articles/13952-are-your-eyewash-stations-contaminated

About Darmawan Saputra
Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*