Mengucapkan

Selamat Hari Raya IDUL FITRI 1439 H, Mohon Maaf Atas Semua Kesalahan Dan Kekhilafan Selama Ini, Semoga Ibadah Puasa Kita Diterima Allah SWT Dan Kita Semua Termasuk Orang-orang Yang Bertakwa

Bekerja Di Dekat Kabel Listrik Bertegangan (Overhead Power Lines)

Bekerja Di Dekat Kabel Listrik Bertegangan – Pekerjaan di bawah atau di dekat kabel bertegangan memang sangat membahayakan terutama kabel yang dialiri tegangan tinggi, langkah terbaik adalah memikirkan cara lain agar pekerjaan tersebut tidak harus dikerjakan didekat atau di bawah kabel bertegangan listrik tersbut. Namun ada kalanya pekerjaan tersebut tidak bisa dihindari mengingat lokasi pekerjaan harus berada di area yang berdekatan atau di bawah kabel bertegangan listrik tersebut.

Kabel betegangan yang berada di atas (overhead power lines) mungkin tidak akan berpengaruh bagi pekerja atau peralatan yang hanya melintas dan memiliki ketinggian yang tidak mencapai kabel listrik tersebut. Namun akan sangat berbahaya jika ada pekerja yang melakukan pekerjaan atau operasional unit yang mendekati jarak tidak aman ke kabel bertegangan listrik tersebut.

Definisi Bekerja Dekat Kabel Listrik Bertegangan (Working Near Overhead Power Lines)

Bekerja di Dekat Kabel Bertegangan adalah melakukan pekerjaan di dekat atau pada jarak yang tidak aman ke saluran listrik yang berada di atas. Dengan kata lain bahwa pekerjaan di dekat kabel bertegangan adalah kondisi dimana ada kemungkinan ada orang atau unit yang beroperasikan mendekati jarak tidak aman dari kabel listrik.

Bagaimana Working Near Overhead Power Lines Sangat Membahayakan ?

Potensi bahaya timbul dari tegangan listrik yang berada di kabel, setiap pekerja atau peralatan yang beroperasi di dekat atau pada jarak yang tidak aman akan sangat berisiko mengalami kontak dengan kabel bertegangan tersebut. Kontak dengan kabel yang dialiri listrik bertegangan tinggi akan sangat berpotensi mengakibatkan kematian pada pekerja atau paling tidak luka bakar yang sangat serius.

Bahaya lain yang mungkin terjadi adalah terjadi kebakaran unit atau ledakan akibat arus pendek yang terjadi. Risiko kecelakaan tidak hanya terkjadi ketika terjadi kontak secara langsung, berada sangat dekat pada kabel bertegangan listrik yang tinggi ini juga bisa saja sangat membahayakan nyawa Anda.

Berapa Jarak Aman Bekerja di Dekat Kabel Listrik ?

Untuk menentukan berapa jarak yang aman untuk melakukan pekerjaan di dekat kabel listrik bertegangan tentu sangat dipengaruhi oleh pengetahuan pekerja terhadap kelistrikan, seorang yang tidak memahami kelistrikan tentu akan lebih berisiko dibanding dengan orang yang sudah memahami kelistrikan. Hal ini akan mempengaruhi jauh dekatnya jarak dari kabel listrik tersebut.

Penentuan jarak aman juga dipengaruhi oleh kemungkinan flashover energi listrik dan juga pergerakan yang tidak disengaja oleh pekerja.

Ilustrasi Perhitungan Jarak Aman (Source : www.safework.nsw.gov.au)

Berikut adalah Zona kerja di dekat kabel bertegangan listrik (Working Near Overhead Power Lines) yang didasarkan pada Pengetahuan Pekerja terhadap kelistrikan.

Zona Kerja di Dekat Kabel Listrik Betegangan

Untuk mempermudah dalam penentuan zona kerja sesuai gambar di ata,  berikut beberapa tabel yang menunjukkan jarak terhadap kabel bertegangan untuk pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja yang belum memiliki pengetahuan tentang kelistrikan dan pekerja yang terlatih.

Tabel 1. Jarak Pekerjaan Dengan Kabel Listrik Yang Dilakukan Oleh Pekerja Belum Terlatih
bekerja dekat kabel lsitrik
Tabel 2. Jarak Pekerjaan Dengan Kabel Listrik Yang Dilakukan Oleh Pekerja Terlatih

Demikian sekilas artikel mengenai pekerjaan di dekat kabel listrik bertegangan yang berada di atas, selain penggunaan peralatan seperti excavator, crane dan peralatan lain yang berpotensi kontak dengan kabel listrik, penentuan jarak aman juga perlu dilakukan pada pekerjaan dengan menggunakan scaffolding (perancah).

Sumber : www.safework.nsw.gov.au

About Darmawan Saputra
Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).