Faktor Kegagalan Manusia Perlu Dikendalikan Untuk Kinerja K3 Yang Lebih Baik

Keselamatan kerja – Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak, hal ini bisa terjadi pada orang yang tidak berpengalaman dan juga pada orang yang sangat ahli sekalipun. Kegagalan ini tentu akan sangat membahayakan jika terjadi di area kerja, berbagai macam kecelakaan yang terjadi di area kerja sebagian besar dipengaruhi oleh faktor kegagalan manusia. Manusia memang tempatnya salah dan lupa, inilah pemberian Tuhan YME kepada kita semua yang tidak bisa kita hindari.

Dewasa ini keselamatan kerja menjadi perhatian khusus di Indonesia mengingat beberapa kali kecelakaan terjadi di beberapa sektor industri sepeti konstruksi, pertambangan dan yang terbaru adalah perhubungan atau transportasi masal. Untuk meningkatkan kinerja keselamatan kerja maka perlu untuk memperhatikan faktor kegagalan manusia di dalam daftar hal-hal yang perlu diperbaiki atau kelola.

Jenis-Jenis kegagalan Manusia

mengenali jenis-jenis kegagalan manusia (human failure) beserta faktor-faktor yang berpengaruh dan hal-hal yang dapat memperparah akan sangat membantu dalam melakukan pengelolaan terhadap Kegagalan manusia itu sendiri.

Untuk membantu Anda memahami darmawansaputra.com sebelumnya telah menulis artikel mengenai human factor dan human failure, silakan baca pada artikel berikut:

baca di sini : Human failure

Secara garis besar human failure dapat digambarkan melalui bagan berikut :

Memahami jenis kegagalan di atas memang sangat penting, namun juga perlu diketahui bahwa pada praktik di lapangan akan ditemukan beberapa kegagalan yang sulit untuk dimasukkan dalam salah satu jenis kegagalan di atas. Hal ini biasanya karena kegagalan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor., sehingga perlu juga untuk dicarikan pencegahan yang mampu mengendalikan beberapa faktor pendorongnya. beberapa kemungkinan kegagalan manusia dipengaruhi oleh beberapa kondisi seperti beban kerja, kompetensi, waktu pengerjaan, moral pekerja, tingkat kebisingan dan sistem komunikasi.

Prisnsip Utama dalam Mengelola Kegagalan Manusia

  1. Kegagalan manusia itu normal (given), namun bisa diprediksi sehingga bisa dilakukan pengelolaan
  2. Pencegahan kegagalan manusia harus dilakukan secara sistematis dan proaktif, sama halnya dengan melakukan identifikasi bahaya dan penilaian risiko sehingga upaya ini terintegrasi dengan sistem manajemen keselamatan.
  3. Kegiatan atau pekerjaan yang dilakukan dengan perencanaan yang buruk dan kondisi yang buruk akan menimbulkan kombinasi kegagalan. Hal ini juga memerlukan kombinasi solusi untuk mencegahnya.
  4. Melibatkan pekerja dalam mendesain dan membuat aturan kerja (prosedur)
  5. Investigasi kecelakaan harus dilakukan sampai mencari penyebab kegagalan, bukan hanya mencari kesalan atau tindakan pekerja saja.

Melakukan pengelolaan terhadap kegagalan manusia (human failure) memang bukanlah hal yang mudah namun juga bukan pekerjaan yang tidak mungkin untuk dilakukan. Jika kita lihat di kehidupan kita sehari-hari, tanpa kita sadari faktor kegagalan manusia sudah menjadi perhatian bagi para pabrik motor dan mobil, sebagian motor akan mati saat beberapa saat berhenti, tidak bisa dihidupkan saat penyangga masih dalam kondisi terbuka, mobil tidak bisa dihidupkan jika tidak diinjak komplingnya, serta masih banyak lagi yang lainnya.

Referensi :

http://www.hse.gov.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *