IFRC Ke 18 Dilaksanakan Di PT Adaro Indonesia

IFRC – Berawal dari keikutsertaan PT Kalimantan Prima Coal (KPC) di event Australian Open Cut Mine Rescue pada tahun 1994 di Sydney-Australia kemudian dibentuklah Komite Komite Fire And Rescue tigkat Nasional yang terdiri dari Kementrian Pertambangan dan Energy, BASARNAS, Petugas Pelatihan fire dan juga bagian SHE dari perusahaan-perusahaan yang bergerak di bawah pengawasan Kementrian Pertambangan.

Pertemuan pun dilakukan untuk merumuskan silabus pelatihan dan teknis pelaksanaan perlombaan dengan disepakati bahwa penilaian akan dilakukan oleh professional dari Indonesia, Australia dan Amerika. Pada tahun 1995 menjadi tonggak awal dilaksanakannya event Indonesian Fire Rescue Challenge dengan PT KPC ditunjuk sebagai Tuan rumah pelaksanaan yang diiukuti oleh 7 tim peserta.

Konsep Challenge bukan berarti kompetisi namun lebih sebagai upaya belajar dari yang lain. Masalah yang mendasar dalam kompetisi adalah tim peserta tidak dapat menyaksikan tim lain dalam menyelesaikan suatu kegiatan. Sedangkan konsep Challenge memperkenankan Tim lain menyaksikan dan belajar dari Tim yang sedang bertanding. Setiap Tim Selanjutnya di berikan Skenario yang sama dengan menerapkan procedure dan teknik yang berbeda

Selanjutnya, pelaksanaan dilakukan secara bergantian di beberapa perusahaan, berikut catatan tuan rumah pelaksanaan IFRC :

Komitmen dari Komite Nasional Fire and Rescue (BOD) untuk meningkatkan keterampilan Fire Rescue secara nasional semakin kuat terlihat dari terus bergulirnya event IFRC. Pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan event IFRC yang ke 18, pada kesempatan ini PT Adaro Indonesia-Kalimantan Selatan ditunjuk sebagai tuan rumah. Pelaksanaan IFRC ke 18 ini akan bergulir dari tanggal 20 Oktober – 29 Oktober 2018 di PT Adaro Indonesia. 8 cabang akan diperlombakan pada event ini yang akan diikuti sekitar 24 Perusahaan besar dari seluruh Indonesia dan juga ada 2 cabang yang akan diikuti oleh perusahaan IUP Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Adapun 8 cabang yang akan diperlombakan adalah :

  1. Fireman Competency Test
  2. Mud Rescue
  3. Confined Space
  4. Water Rescue
  5. Structural Fire Fighting Rescue
  6. High Angle Rescue
  7. Road Accident Rescue
  8. Fireman Fitness Drill

Amolongo….. (salam Tim Rescue yang diambil dari bahasa Papua)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *