Letak Keyboard dan Mouse yang Ergonomi

Mari kita lihat di sekitar area kerja kita di kantor, hampir semua Keyboard dan mouse seragam. Namun pernahkan kita pikirkan apakah para pengguna keyboard dan mouse di kantor semuanya memiliki ukuran tangan yang sama?
Terus bagaimana cara menyesuaikan Keyboard dan Mouse agar lebih ergonomi?
Kalau melihat keyboard dan mouse pada umumnya tidak adjustable, namun bukan berarti tidak bisa disesuaikan dengan postur dan posisi tubuh kita agar lebih ergonomi. 
Pada dasarkan letak keyboard dan mouse harus sedikit di bawah posisi tangan (posisi siap untuk mengetik) dan dekat dengan tubuh. dan letak mouse harus disamping keyboard (kanan/kiri disesuaikan dengan tangan yang untuk memegang mouse). Apabila keyboard dan mouse diletakkan di atas meja, maka kita perlu melakukan pengaturan pada kursi untuk menyesuaikan posisi keyboard dan mouse agar posisi tubuh tetap netral.
Sumber: wikipedia

Solusi lain yang dapat digunakan adalah dengan memberikan meja yang mempunyai laci untuk meletakkan keyboard dan mouse, ini akan sangat membantu karena laci dapat disesuaikan dengan psosisi saat kita duduk agar lebih sesuai.

Namun, jangan terburu-buru minta ganti sama perusahaan mengenai keyboard dan mouse. lakukanlah beberapa percobaan-percobaan agar keyboard dan mouse bisa lebih nyaman saat digunakan. Kalaupun memang akan mengganti keyboard dan mouse pertimbangkan beberapa hal berikut:
– Apakah bentuk dan ukurannya sudah sesuai dengan kita dan ergonomi
– Kenyamanan saat digunakan terutama kelenturan saat ditekan (ketik)

Laci Keyboard yang bagaimana yang sesuai?
Berbagai jenis meja yang menyajikan laci untuk keyboard, baik ukuran dan bentuknya. namun laci keyboard yang bagaimana yang seharusnya adalah sebagai berikut:
  • Ukuran Laci harus mampu untuk meletakkan keyboard dan mouse, ini sangat penting jangan sampai keyboard dan mouse posisinya terpisah.
  • Dapat dengan mudah diatur atau disesuaikan, baik tinggi ataupun posisinya (in all directions)
  • Jangan ada bagian yang dapat melukai lutut atau menyebabkan tekanan yang berlebih karena menyentuh lutut yang disebabkan ruang terlalu sempit untuk kaki.
  • Dapat menjadi tempat untuk meletakkan pergelangan tangan saat diinginkan.

Meyesuaikan Keyboard dan Mouse

Letakkan Keyboard lurus di depan, jangan posisi sambil miring saat melakukan pengetikan, mengetiklah dengan posisi pergelangan tangan mengambang di atas keyboard, dan jaga agar posisi pergelangan tangan tetap lurus.

Letakkan mouse tepat di samping keyboard dan di depan tangan yang biasa digunakan untuk memegang mouse. Posisikan mouse setinggi keyboard dan pastikan siku tangan membentuk sudut 90 derajat. Penggunaan mousepad juga dapat membantu menjaga posisi pergelangan tangan untuk tetap lurus dan tidak menekuk saat memegang mouse.

Sumber : www.darmawansaputra.com

About Darmawan Saputra

Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).
View all posts by Darmawan Saputra →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *