Meminimalkan Keparahan Saat Bekerja di Atas Ketinggian

Bekerja di atas ketinggian-Seperti yang telah disebutkan pada pembahasan sebelumnya mengenai bekerja di atas ketinggian, bahwa potensi bahaya pada pekerjaan di atas ketinggian dapat dikendalikan dengan eliminasi, isolasi dan meminimalkan tingkat keparahan dari bahaya yang teridentifikasi pada pekerjaan tersebut.

Pengendalian dengan meminimalkan tingkat keparahan dilakukan apabila pengendalian dengan eliminasi dan isolasi tidak memungkinkan dilakukan.
Meminimalkan keparahan akibat bahaya jatuh dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya:
 

Body harness

Harness System
Harness merupakan pengendalian yang sangat mudah diterapkan, harness harus digunakan selama pekerjaan di atas ketinggian berlangsung. Ini bertujuan untuk mengantisipasi kegagalan pada pengendalian lainnya, sehingga risiko jatuh masih ada.


 
Jaring (net)
Jaring ini terbuat dari bahan sintetik yang kuat sehingga mampu menahan beban apabila pekerja jatuh atau material dan peralatan kerja. Walaupun jaring ini sangat kuat, namun perawatan harus tetap dijaga untuk mempertahankan kualitas jaring.

Penggunaan yang tidak sesuai peruntukan, kebakar atau panas, penempatan yang tidak sesuai anjuran pabrik pembuat dapat mengakibatkan jaring dapat mudah rudak dan putus.
Penggunaan Safety net / jaring
Soft Landing System (SLS)
Penggunaan media yang lunak seperti matras dapat mengurangi keparahan pada pekerja yang terjatuh dari ketinggian. Media ini akan mengabsorbsi energi dari pekerja yang jatuh,sehingga meminimalkan cedera.

Hal yang perlu diingat bahwa SLS tidak untuk mencegah pekerja jatuh, namun hanya berfungsi untuk mengurangi tingkat keparahan saja.
contoh penggunaan soft landing system

Sumber : www.darmawansaputra.com
About Darmawan Saputra
Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*