Pesawat Angkat Angkut

pesawat angkat angkut
Pesawat angkat dan angkut adalah suatu pesawat atau alat ayang digunakan untuk memindahkan, mengangkat muatan baik bahan atau barang maupun orang secara vertical dan atau horizontal dengan jarak yang ditentukan.

Jenis-jenis pesawat angkat angkut diantaranya adalah peralatan angkat, pita transport, pesawat angkutan di atas landasan dan di atas permukaan, serta alat angkutan jalan ril.

Peralatan angkat adalah alat yang dibuat khusus untuk mengangkat naik dan menurunkan muatan. contoh : Gondola, Pesawat pneumatic, keran lokomotif, keran dinding, dan lain-lain.

Pita transport adalah suatu alat yang digunakan untuk memindahkan muatan secara continu dengan menggunakan bantuan pita. ini sering kita sebut dengan conveyor. contohnya : conveyor, ekskalator.

Pesawat angkutan di atas landasan dan di atas permukaan adalah alat yang digunakan untuk memindahkan muatan atau orang dengan menggunakan kemudi (baik kemudi dalam atau di luar) dan bergerak di atas landasan atau permukaan. contoh pesawat angkutan di atas landasan dan di atas permukaan : truk, truk Derek, gerobak, forklift, traktor dan kereta gantung.

Alat angkutan jalan ril adalah alat angkutan yang berjalan di atas ril.contoh alat angkutan jalan ril adalah lokomotif, lori, gerbong.  

Peraturan tentang alat angkat angkut dapat dilihat pada Permenaker No 05 Tahun 1985 Tentang Pesawat Angkat Angkut

Sumber : www.darmawansaputra.com
About Darmawan Saputra
Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*