Proses Investigasi Kecelakaan Tambang

SNI Pemeriksaan Kecelakaan Tambang, Cara investigasi kecelakaan tambang, SNI Investigasi Kecelakaan

Kecelakaan tambang harus memenuhi lima kriteria, apabila salah satu dari lima kriteria kecelakaan tambang itu tidak terpenuhi maka kecelakaan yang terjadi tidak dapat dikategorikan ke dalam kecelakaan tambang.

Investigasi kecelakaan bertujuan untuk mencari penyebab kecelakaan, mencari langkah perbaikan, untuk mencegah terulangnya kejadian yang sama.

Proses pemeriksaan kecelakaan tambang meliputi:

  1. Kegiatan Pra-investigasi, terdiri dari pengamanan lokasi kejadian, pengamanan para saksi, dan pengumpulan bukti atau data lapangan.

  2. Investigasi, terdiri dari wawancara saksi langsung dan tidak langsung, mendokumentasikan seluruh fakta, saksi ahli, dan lain-lain.

  3. Analisa temuan, hasil wawancara dilakukan analisa menggunakan teori domino untuk mencari penyebab kecelakaan, baik penyebab langsung dan penyebab dasar.

  4. Laporan Investigasi, berisi sekurang-kurangnya kronologi, hasil investigasi, kesimpulan, tindakan perbaikan, dan lampiran (foto, sketsa, keterangan dokter,dll)

  5. Kegiatan pasca-investigasi, berupa rapat menajemen untuk menentukan batas waktu penyelesaian, dan monitoring perbaikan.

Cara Mendapatkan Salinan SNI Pemeriksaan Kecelakaan Tambang

Untuk mendownload SNI investigasi kecelakaan tambang sila klik link di bawah:

>>> SNI 13-7081-2005 Investigasi Kecelakaan Tambang

About Darmawan Saputra
Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*