SNI 13-4126-1996 Penyumbuan detonator biasa pada kegiatan pertambangan umum

Peledakan adalah salah satu aktifitas pekerjaan penambansan untuk pentbongkaran bahan galian batuan untuk mencapai kualitas dan kuantitas sesuai sasaran yang diharapkan.

Bahan Peledak mempunyai sifat kepekaan (sensitifitas) terhadap benturan, gesekan, panas, dan lain-lain, sehingga mengandung resiko bahaya dalam pelaksanaan pekerjaanya, maka aktifitas ini biasanya dilakukan dengan pertimbangan apabila peralatan mekanis (alat-alat gali) tidak mampu lagi atau kurang effektif/effisien bila dibandingkan dengan peledakan.

Untuk dapat melaksanakan kegiatan peledakan juga dibutuhkankan beberapa perlengkapan (komponen) yang biasa disebut dengan alat bantu peledakan seperti :

  • sumber api 
  • penghantar api 
  • penggalak awal (detonator, stimbu ledak) 
  • penggalak utama (primer/booster).

Penggunaan detonator biasa dengan sumbu api pada peledakan kegiatan penambangan umum mengandung resiko bahaya, oleh karena itu penanganannya perlu distandarkan.

Untuk lebih jelasnya dapat dibaca pada SNI 13-4126-1996 Penyumbuan detonator biasa pada kegiatan pertambangan umum

Sumber : www.darmawansaputra.com
loading...
About Darmawan Saputra
Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*