Tema Bulan K3 Nasional Tahun 2020

Bulan K3 Tahun 2020 – Pelaksanaan Bulan K3 Nasional setiap tahunnya dilaksanakan dengan mengusung tema yang berbeda-beda, agenda tahunan yang dilaksanakan setiap tanggal 12 Januari – 12 Februari merupakan gerakan nasional membudayakan K3 yang berkesinambungan ini dalam rangka melaksanakan ketentuan yang ada di UU No 1 tahun 1970 dan mendorong tercapainya kemandirian Bangsa Indonesia Berbudaya K3 tahun 2020.

Bulan K3 nasional Tahuin 2020, Tema bulan k3 tahun 2020, Juklak Pelaksanaan Bulan K3 Tahun 2020

Untuk melaksanakan peringatan bulan K3 denga periode 2015 sampai 2019 telah diatur dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan N0 386 Tahun 2014 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Tahun 2015-2019.

Bagaimana dengan tahun 2020 yang merupakan tahun dimana Keselamatan dan Kesehatan Kerja diharapkan menjadi budaya di Indonesia ?

Perkembangan teknologi dan pergantian generasi dalam menguasai dunia kerja tentu memberikan tantangan tersendiri dalam mengembangkan K3 menjadi suatu budaya, saat ini diseluruh dunia telah mengalami disrupsi karena perkembangan teknilogi yang disebut dengan Revolusi Industri 4.0 yang dimotori dengan otomatisasi, robotic, interner of things (IOT), artificial intelligence dan fleksibilitas pola kerja.

Perubahan-perubahan ini memang tidak bisa dibendung, banyak organisasi mau tidak mau akan menerapkan teknologi dan mengikuti Revolusi Industri 4.0 agar operasional efisien dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Perkembangan teknologi ini seakan meniadakan batasan ruang dan waktu, semua bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol, maka sesuatu yang diinginkan akan sampai dihadapan.

Disamping itu, perkembangan teknologi saat ini dibarengi dengan bonus demografi dimana generasi milenial membanjiri dunia kerja. Generasi milenial sendiri memiliki karakteristik yang berbeda dengan generasi-genarasi sebelumnya (generasi X, generasi babby boom, dan generasi veteran), hal ini dipercaya karena generasi milenial lahir pada saat internet sudah berkembang sehingga mempengaruhi karakter generasi tersebut.

Bagaimana dampaknya terhadap Keselamatan dan Kesehatan Kerja ?

Perubahan teknologi dan pergesearan generasi tentu akan banyak berdampak pada operasional pekerjaan yang tentu juga akan berpengaruh terhadap risiko di tempat kerja, sehingga penerapa K3 di tempat kerja juga harus dapat menyesuaikan dengan perubahan yang ada.

Pada bulan K3 tahun 2020 ini, pemerintah Indonesia melalui Kementrian Tenaga Kerja mengajak semua pihak untuk terus menggelorakan K3. Tahun 2020 merupakan tahun yang sangat strategis dan merupakan peringatan 50 tahun UU No 1 tahun 1970 yang merupakan acuan pelaksanaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Indonesia.

Untuk pelaksaan Bulan K3 Nasional Tahun 2020 Pemerintah melalui Kementrian Tenaga Kerja mengangkat tema “OPTIMALISASI KEMANDIRIAN MASYARAKAT BERBUDAYA K3 PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI” sesuai dengan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No 328 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Bulan K3 Nasional Tahun 2020.

, ,

About Darmawan Saputra

Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).
View all posts by Darmawan Saputra →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *