Anda Alergi Makanan..? Tips Yang Bisa Anda Lakukan Di Tempat Kerja

Safety, Health, Cara mengatasi alergi makanan, Pengelolaan alergi makanan di tempat kerja, Gejala-gejala alergi, Dampak alergi makanan, Alergi, Obat Alergi,

Alergi merupakan masalah yang bisa terjadi pada siapapun, dampak yang ditimbulkan juga sangat bervariasi tergantung tingkat keparahan alerginya.. dari ringan sampai fatal yang memerlukan penanganan medis darurat..

Definisi dari alergi sendiri adalah bentuk reaksi kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang dianggap bahaya walaupun sebenarnya tidak, yang bisa berbentuk sesuatu yang masuk ke tubuh ataupun bersentuhan…

Alergen atau substansi pemicu alergi hanya berdampak pada orang yang memiliki alergi tersebut. Pada orang lain, alergen tersebut tidak akan memicu reaksi kekebalan tubuh. Beberapa jenis substansi yang dapat menyebabkan reaksi alergi meliputi gigitan serangga, tungau debu, bulu hewan, obat-obatan, makanan tertentu, serta serbuk sari.

Saat tubuh pertama kali berpapasan dengan sebuah alergen, tubuh akan memproduksi antibodi karena menganggapnya sebagai sesuatu yang berbahaya. Jika tubuh kembali berpapasan dengan alergen yang sama, tubuh akan meningkatkan jumlah antibodi terhadap jenis alergen tersebut. Hal inilah yang memicu pelepasan senyawa kimia dalam tubuh dan menyebabkan gejala-gejala alergi.

Gejala Yang Ditimbulkan Saat Mengalami Alergi

Ada beberapa gejala alergi yang umum terjadi, antara lain:

  • Bersin-bersin.
  • Batuk-batuk.
  • Sesak napas.
  • Ruam pada kulit.
  • Hidung beringus.
  • Terjadi pembengkakan di bagian tubuh yang berpapasan dengan alergen, misalnya wajah, mulut dan lidah.
  • Gatal dan merah pada mata.
  • Mata berair.

Bagaimana Langkah Pengendalian Jika Anda Mengalami Alergi Makanan Di Tempat Kerja

Memiliki alergi terhadap makanan saat di temat kerja bisa berdampak kurang baik terhadap pekerja itu sendiri maupun terhadap pekerjaan. terutama jika dampak alerginya sangat parah atau sering disebut dengan anafilaksis. Jika tidak tertolong dapat berakibat kematian pada penderitanya.

..Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko di tempat kerja jika Anda memiliki alergi terhadap makanan.

Langkah Yang Perlu Anda Lakukan Jika Memiliki Keluhan Alergi Makanan

  • Jika Anda merupakan pekerja baru pada suatu tempat kerja, tentu Anda wajib memberitahukan tentang keluhan alergi Anda kepada atasan Anda.
  • Jelaskan secara detail tentang jenis alergen apa yang bisa menyebabkan Anda alergi dan tingkat keparahannya, gejala pada tubuh Anda. Ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan terjadi..
  • Ceritakan ke rekan kerja Anda, Dimana Anda Meletakkan obat alergi Anda dan bagaimana menggunakannya saat terjadi kondisi darurat.
  • Cobalah untuk memberi label pada makanan Anda, sehingga Anda tidak salah dalam mengambilnya
  • Jangan pernah memakan makanan yang menyebabkan alergi, walaupun hanya coba-coba..

Pengendalian terhadap alaergi makanan yang dialami oleh karyawan tentu tidak bisa dilakukan oleh karyawan saja.. manajemen pun bisa menunjukkan perhatiannya kepada karyawan dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Melakukan uji terhadap alergen tertentu kepada karyawan, sehingga bisa dipetakan seberapa banyak karyawan yang mengalami alergi dan jenis alerginya
  • Menyediakan makanan terpisah untuk karyawan yang mengalami alergi tertentu, atau membuat kebijakan lain yang memberikan solusi baik.
  • Fleksible dengan karyawan yang memiliki alergi, sewaktu-waktu mereka akan mengalami sakit karena alergi tersebut.

Tips mengatasi alergi di tempat kerja di atas tentu akan bisa membantu pekerja dan perusahaan untuk dapat meminimalkan risiko terjadinya kondisi darurat akibat terjadinya alergi pada makanan. Peran serta semua pihak dan keterbukaan karyawan terhadap jenis alergen dan keseriusannya akan memberikan solusi yang baik, selain itu pekerja yang memiliki alergi pada substansi tertentu diharapkan selalu membawa obat alerginya..

Silakan Share Jika Bermanfaat… 

Referensi:
http://www.safetyandhealthmagazine.com/articles/14666-managing-food-allergies-in-the-workplace
http://www.alodokter.com/alergi

loading...
About Darmawan Saputra
Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*