Be The True Leader


Dalam suatu kelompok atau instansi tentunya kita mengenal istilah pemimpin atau sering disebut dengan bos. Merekalah yang berfungsi mengkoordinir bawahan agar dapat melaksanakan suatu pekerjaan sehingga tujuan dapat tercapai.
John C. Maxwell pernah berkata” "A leader is one who knows the way, goes the way, and shows the way”.
Leader yang baik akan selalu memberikan suri tauladan kepada followernya (bawahan), selalu memberikan motivasi, dan mampu mengidentifikasi kelebihan atau kekuatan yang dimiliki bawahannya. Leader yang baik akan mampu menempatkan crewnya pada posisi yang tepat sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh tiap-tiap crew. Good leader akan melahirkan leader-leader baru dari crew yang dipimpin, akan mampu memunculkan value pada bawahannya. Namun sebaliknya, bad leader akan menghasilkan bad crew juga.
Namun banyak sekali kita jumpai pemimpin-pemimpin yang tidak mampu menjadi suri tauladan bagi bawahannya, mereka tidak mampu menggali kekuatan dari crew yang dipimpin, yang hanya berorientasi pada hasil kerja, tanpa memperhatikan kebutuhan pengembangan pengetahuan bawahan, tidak mampu membimbing bawahan dalam melakukan pekerjaan yang benar dan tepat.
Apakah mau kalau kita dipimpin terus oleh bad leader? Semakin lama kita dipimpin oleh bad leader, maka tidak menutup kemungkinan kita akan menjadi bad follower dan bahkan kelak akan menjadi bad leader juga.
Janganlah fokus pada kelemahan leader kita, mari kita bantu mereka dalam melaksanakan pekerjaan. Kita bantu orang-orang disekitar kita, layani mereka dengan penuh keikhlasan. Jadilah “The True Leader” walaupun kita bukan berada pada posisi pemimpin di jabatan struktural. Dengan begitu, kita bisa belajar menjadi leader kelak.
Jabat erat
Darmawan Saputra S

Post a Comment for "Be The True Leader"