Pengetahuan Saja Tidak Cukup

 

Pergi bersekolah membuat sesorang akan mendapatkan pengetahuan, banyak masyarakat kita hanya memikirkan penumpukan pengetahuan sehingga mendorong anak-anaknya mengejar pemilikan lembaran ijazah.


Sudah cukupkah jenjang pendidikanmu yang tinggi itu? Apa yang bisa kamu lakukan dengan semua itu..?

Satu sisi pengetahuan akan memberikan kita wawasan, namun apakah itu cukup? Jawabannya TIDAK

Mungkin ini akan cukup miris terdengar, namun itulah kenyataan. Seseorang yang mendapatkan pengetahuan belum tentu mereka memiliki ide. Padahal ide-lah yang akan membuat perubahan, ide yang membuat value pada diri seseorang.

Napoleon Hill pernah berkata,”Pikiran adalah benda”. Tapi pikiran biasa tidak akan sanggup membawa kita kemana-mana. Setiap orang punya pikiran, tapi hanya sedikit yang punya ide. Ide adalah pikiran yang punya arah atau tujuan.

Coba lihat disekeliling kita, banyak yang memiliki ijazah dari sekolah ternama namun kualitasnya jauh dari orang yang dari sekolah biasa, bahkan dari orang yang jenjang pendidikannya jauh di bawahnya. Banyak yang mengikuti training / pelatihan kesana kemari, sertifikat menumpuk, namun aplikasi di lapangan tidak ada.

Einstein pernah bilang,”Pengetahuan yang tidak diterapkan itu tidak berguna. Hanya ide yang bisa mengubah dunia.”

 

Mau jadi perpustakaan atau ensiklopedi berjalan?


Tujuan pendidikan itu untuk mengganti pikiran yang kosong tak terarah menjadi terbuka, bukan membuat ego kita tinggi. “nih,,sertifikat saya sudah banyak, saya sudah tahu semuanya…” atau “nih,, saya sudah setumpuk ijazahnya atau sertifikatnya, bisa saya buat alas tidur…”.

Mari kita buat pengetahuan kita sebagai modal untuk membangun ide, masih banyak di sekitar kita yang perlu dikembangkan (improve). Bukan saatnya lagi membahas hal-hal kecil, saatnya gunakan pengetahuan untuk hal-hal strategis.

Anda bisa membagi pengetahuan kepada sesama, bisa melalui blog, pelatihan, email, dan masih banyak yang lain. jika anda ingin berbagi tulisan atau bahan lain yang bermanfaat namun belum memiliki medianya, bisa kirim bahan sharing-nya ke alamat email saya : darmawans.setiawan@gmail.com . Tulisan atau sharing anda akan kami upload di blog ini.
 
Jabat erat
Darmawan Saputra
Sumber : www.darmawansaputra.com

Post a Comment for "Pengetahuan Saja Tidak Cukup"