Dampak Kesehatan Bekerja di Depan Komputer

Selama ini yang kita ketahui adalah bekerja di depan Komputer, menggunakan keyboard, dan mouse dapat berdampak pada kesehatan kita. Namun apa saja dampak kesehatan yang dapat terjadi, kita semua tidak tahu pasti. Berikut beberapa dampak kesehatan yang dapat timbul saat kita tidak memperhatikan faktor ergonomi saat bekerja di kantor:

1. Mata Lelah (Computer vision Syndrome)

Hal ini mungkin sering terjadi pada banyak orang yang menggunakan komputer, computer vision syndrome hanya berdampak sementara. Computer vision Syndrome sering ditandai dengan pandangan kabur/blur, nyeri, pusing, kemerahan pada mata, dan mata terasa kering. Untuk mencegah hal ini, tetaplah konsumsi air putih yang cukup saat kita bekerja di depan komputer, jika diperlukan gunakan kacamata khusus untuk bekerja di depan komputer. Jika hal ini sudah terjadi, maka segera konsultasi dengan dokter perusahaan atau dokter spesialis mata.

2.  Nyeri punggung atau Leher

Nyeri atau pegal-pegal pada leher, nyeri punggung, pegal pada bahu, dan bagian tubuh lainnya merupakan indikasi yang sering muncul karena posisi atau postur tubuh kita tidak nyaman atau tidak sesuai dengan area kerja kita.

3. Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Anda mungkin sering mendengar atau membaca terkait penggunaan keyboard dan mouse dapat menyebabkan masalah kesehatan. dampak kesehatan yang timbul pada penggunaan mouse dan keyboard yang salah adalah Musculoskeletal atau Comulative Trauma Disorders ((MSD atau CTD). namun istilah yang sering digunakan adalah Carpal Tunner Syndrome (CTS). Gejala dari CTS adalah nyeri/pegal pada pergelangan, kesemutan, mati rasa pada tangan dan jari.


Gambar Operasi CTS (sumber: wikipedia)

4. Nyeri sendi dan Jaringan lunak

Area kerja yang tidak ergonomi meningkatkan terjadinya nyeri pada sendi dan jaringan lunak. Hal ini tidak akan hilang dengan sendirinya, kecuali jika kita mau melakukan perubahan-perubahan dan penyesuaian area kerja kita agar lebih sesuai dengan postur kita. Dengarkan dan rasakan signal-signal yang dikirimkan oleh tubuh kita, dan mulai untuk merubah area kerja kita agar lebih ergonomi.

Untuk mengurangi dampak kesehatan karena area kerja yang tidak ergonomi baca artikel tips Ergonomi di kantor