Program Penurunan Kolesterol

 
Seiring dengan dijalankan agenda tahunan medical check up (MCU) di tempat saya bekerja, banyak hal menarik yang terlihat terutama ketika rekan-rekan melihat hasil medical check up tersebut. Misalnya, banyak diskusi yang dilakukan, bertekad merubah pola hidup (pola makan dan tingkat aktivitas fisik) dan searching mengenai “temuan” di hasil MCU mereka yang tujuannya tentu saja untuk mencari cara menghilangkan atau menurunkan tingkat “temuan”-nya.

 
Salah satu temuan yang menjadi perhatian rekan-rekan termasuk saya adalah tingginya nilai kolesterol (HDL, LDL, Kolesterol total dan trigliserida). Ketika melihat nilai kolesterol tersebut saya langsung teringat akan salah satu tugas promosi kesehatan pekerja ketika masih duduk di bangku kuliah. Tugas tersebut adalah Program Penurunan Kolesterol . Hitung-hitung refresh untuk diri sendiri dan berbagi informasi, berikut saya share tugas tersebut. Semoga bisa menjadi salah satu program yang bisa diterapkan baik di rumah maupun di tempat kerja masing-masing.

 
Langkah program penurunan kadar koleterol adalah sebagai berikut:
 
  1. Rekognisi: menunjukkan data statistic hasil MCU tahunan yang dilakukan.
  2. Analisa    : Melakukan analisa pada data hasil MCU
  3. Perencanaan : Merencanakan program preventif yang meliputi intervensi pada pemilihan menu makanan sehat dan Aktivitas fisik
  4. Komunikasi : Sasaran Komunikasi khususnya adalah para pekerja dengan kadar kolesterol diatas normal.
  5. Persiapan  : Menyiapkan struktur yang berperan dalam program ini dan penulisan dalam kebijakan perusahaan terkait program ini.
  6. Implementasi : melaksanakn program penurunan kolesterol yang telah direncanakan
  7. Evaluasi : Peninjauan hasil program secara berkala
  8. Kontinuitas :Perbaikan terus menerus terhadap program penurunan kolesterol

Untuk lebih jelas dapat dibaca pada artikel tentang kolesterol berikut, sila download pada link di bawah.
 
Penulis
Angga Hadi
 

Post a Comment for "Program Penurunan Kolesterol"