Masih Layak Full Body Harness Anda ? Periksa dulu

Kelayakan Full Body Harness - Seperti halnya safety belt, Full body harness merupakan salah satu alat pelindung jatuh yang dapat mengurangi kemungkinan pekerja terjatuh dari ketinggian. Penggunaan full body harness lebih dianjurkan dari pada menggunakan safety belt pada pekerjaan di ketinggian, hal ini dikarenakan kemungkinan cidera akibat hentakan sangat kecil karena full body harness menggunakan tali yang melingkar di bahu, dada, pingang, dan di dua paha. 



alat pelindung jatuh, bekerja di atas ketinggian

 
Energi yang ditimbulkan pada saat jatuh akan terdistribusi ke hampir seluruh tubuh, sehingga kemungkinan cidera akan kecil.

Dalam melakukan pekerjaan di ketinggian, pemilihan full body harness yang sesuai dan kualitas baik harus benar-benar sangat diperhatikan. Full body harness yang berfungsi untuk fall arrester setidaknya harus memiliki:
  • Ring yang terletak diantara tulang belakang jika digunakan
  • Mimiliki huruf "A" yang terletak pada tali (webbing) yang mengarah ke ring.
  • Memiliki tanda panah di atas huruf "A" yang mengarah ke ring 
alat pelindung jatuh
Full Body Harness

Energi yang ditimbulkan dari pekerja yang jatuh akan didistribusikan pada satu titik yaitu di ring yang terdapat pada bagian belakang (tulang belikat) jika full body harness digunakan.

Periksa Kelayakan Full Body Harness yang akan Anda gunakan


Untuk memastikan full body harness masih layak untuk digunakan lakukan pemeriksaan pada bagian-bagian berikut:

Buckle


Sebagian besar full body harness menggunakan interlocking backle (penguncian dilakukan dengan cara memasukkan salah satu ujung buckle ke ujung buckle yang lain), pastikan buckle tidak retak, bengkok, atau tidak dapat mengunci dengan sempurna. Jangan gunakan full body harness apabila terdapat kerusakan pada buckle.

full body harness, cara memeriksa full body harness
Buckle Full Body Harness

Webbing

Webbing (tali) ini berfungsi untuk menahan tubuh pada saat terjatuh, pastikan tidak ada kerusakan atau tanda-tanda seperti koyak, berserabut, teriris. Jangan menggunakan jika terdapat tanda-tanda kerusakan pada webbing.
alat pelindung jatuh
Pemeriksaan Webbing

Ring

Jangan pernah mentoleransi kondisi ring yang sudah tidak normal (retak, bengkok, karat), hal ini dikarenakan ring merupakan bagian satu-satunya yang akan menahan hentakan saat pekerja terjatuh.

Label Informasi

Label informasi yang dikeluarkan oleh pabrik pembuat harus dibaca terlebih dahulu sebelum menggunakan, seperti berat maksimim, ukuran lingkar, dan tanggal pembuatan. Selain itu juga full body harness memiliki fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan kodenya.
Group A — Fall arresting 
Group D — Controlled descent 
Group E — Confined entry (raising and lowering) 
Group L — Ladder climbing 
Group P — Work positioning

Memastikan kelayakan full body harness juga merupakan hal terpenting dan tidak bisa dipisahkan dari memutuskan untuk menggunakannya. Hindari pekerja terjatuh dari ketinggian dengan menggunakan full body harness.

Sumber: Worksafe BC, Personal Fall Protection Equipment

Post a Comment for "Masih Layak Full Body Harness Anda ? Periksa dulu"