Tekan Penyebaran Penyakit Hepatitis pada Karyawan


Penyakit Hepatitis - Hepatitis adalah peradangan pada hati (liver) yang disebabkan karena toxin, seperti  obat-obatan atau bahan kimia (sumber: Wikipedia)

Penyakit hepatitis ini menyerang hati (liver) sehingga mengakibatkan peradangan, peradangan ini akan membuat fungsi hati tidak akan maksimal atau bahkan tidak berfungsi lagi.

Hati (liver) yang pada dasarnya berfungsi menyaring racun-racun dalam aliran darah akan terganggu, sehingga kesehatan seseorang akan terganggu secara keseluruhan.

Penyebab hepatitis biasanya diakibatkan karena kebiasaan mengkonsumsi alcohol secara berlebihan atau masuknya racun dalam tubuh sehingga membuat hati rusak. Namun pada kebanyakan kasus hepatitis disebabkan karena Virus yang disebarkan oleh penderita hepatitis lainnya.
 
Bagaimana mengetahui seseorang terkena
Hepatitis?
 
Seseorang yang terkena hepatitis dapat diketahui dari hasil pemeriksaan medis, namun tanda-tanda fisik seseorang yang terkena hepatitis ditandai dengan kulit dan mata berwarna kuning (seperti penyakit kuning).
gejala hepatitis yang mirip
penyakit Kuning
 
Gejala lain dari penyakit hepatitis adalah perut terasa sakit pada bagian kanan, mual, badan lemas, demam dan diare.
 
 
 
Jenis Hepatitis dan Penyebabnya
 
Hepatitis A
Hepatitis A tergolong Hepatitis ringan yang disebabkan oleh Virus Hepatitis A (VHA), virus ini biasanya terdapat pada kotoran (tinja). Penyebarannya dapat terjadi karena seseorang mengkonsumsi air yang tercemar virus hepatitis A, atau penyajian makanan yang tidak higienis.
 
Hepatitis B
Jenis Hepatitis B ini adalah jenis yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan kematian pada penderitanya, virus yang menyebabkan adalah virus Hepatitis B (VHB). Virus ini menyerang hati dan akan merusak fungsi hati. Penyebaran virus ini melalui transfusi darah, air liur, penggunaan jarum suntik, gunting dan pisau cukur, jarum untuk tattoo.
 
Hepatitis C
Penyakit Hepatitis C disebabkan oleh virus Hepatitis C (VHC), penyebarannya hamper sama dengan Virus Hepatitis B. Pada tahap kronik penyakit hepatitis C ini menyebabkan kerusakan hati dan sel-sel pada hati atau sering disebut kanker (cancer). 
 
Bagaimana menekan penyebaran Hepatitis
pada Karyawan
 
Untuk menekan penyebaran virus hepatitis pada karyawan dapat dilakukan dengan beberpa langkah berikut:
  1. Berikan pemahaman kepada karyawan tentang jenis penyakit ini yang meliputi gejala, penyebab dan cara mencegahnya.
  2. Sebagian besar perusahaan menyediakan konsumsi makanan, periksa kebersihan dan cara penyajiannya, serta kebersihan para penyaji makanan.
  3. Koki atau penyaji yang mengidap Hepatitis tidak diperbolehkan membuat atau menyajikan makanan.
  4. Memastikan terdapat personil yang mengerti HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point) dan Food Safety (keselamatan pangan)
  5. Pemeriksaan kesehatan secara berkala, dan perawatan sejak dini pada karyawan yang terkena penyakit Hepatitis
  6. Hindari penggunaan perkakas makan secara bergantian
  7. Hindari penggunaan alat cukur secara bersama, jika memotong rambu di tempat pemotongan rambut umum mintalah menggunakan pisau cukur baru.
Kenali gejala-gejala hepatitis, jaga keguran tubuh, dan membiasakan hidup yang bersih dapat mencegah penularan Virus-virus yang menyebabkan hepatitis. Jika ada karyawan yang telah terkena penyakit hepatitis harus segera dilakukan pengobatan agar tidak menyebarkan virus kepada karyawan yang lainnya.