Continuous Improvement - Analisa Masalah (Step 4)

QCC, TQM, Analisa Masalah, Fishbone, Pareto

Plan Do Check Action (PDCA) - Analisa masalah merupakan langkah ke 4 dalam Kaizen (continuous improvement), oleh karena itu jika anda belum membaca langkah 1 sampai langkah 3 (Anakonda) , sangat kami sarankan untuk membacanya terlebih dahulu. Analisa masalah bertujuan untuk menentukan sumber permasalahan yang mungkin ada dan kemudian menentukan masalah yang paling dominan. Tools yang digunakan dalam analisa masalah cukup banyak diantaranya yang cukup banyak digunakan adalah diagram fishbone atau diagram sebab akibat. 



Diagram Fishbone atau juga sering disebut dengan diagram sebab akibat merupakan tools yang dikembangkan oleh seorang ilmuan Jepang yang bernama Dr. Kaoru Ishikawa sehingga diagram ini juga sering disebut dengan diagram Ishikawa.

Ada 5 faktor yang perlu diperhatikan dalam membuat Diagram Fishbone yaitu 4M + 1E (Man, Methode, Machine, Material, dan Environment), namun 5 hal tersebut tidak menjadi keharusan. Setiap bidang usaha bisa menerapkannya dengan menyesuaikan bidang usahanya masing-masing, misalkan Bidang pemasaran akan lebih familiar dengan istilah 4P (Product, Price, Place, Promotion). Bidang usaha yang bergerak di bidang jasa akan akrab dengan 4S (Surroundings, Suppliers, Systems, Skills). Sekali lagi kami tekankan bahwa faktor diatas tidaklah mengikat, sehingga diagram fishbone dapat diterapkan dalam segala jenis bidang usaha.

Pembuatan diagram fishbone diawali dengan menuliskan masalah utama yang sedang dialami dan ingin dicari solusinya. Kemudian langkah selanjutnya adalah menganalisa penyebab-penyebab sekunder dan tersier sampai ke akar masalahnya. Untuk mendapatkan akar masalah gunakan pertanyaan "mengapa" sebanyak 5 kali (5 Why), Penyebab terakhir yang muncul merupakan sumber penyebab.

Berikut contoh pembuatan diagram Fishbone:
Contoh 1:
diagram sebab akibat, fishbone diagram, contoh fishbone
Pic/Universitas Ciputra/Diagram Fisbone
Contoh 2: 

diagram sebab akibat, fishbone diagram, contoh fishbone
Pic/Finance/Fishbone Diagram
Setelah didapat penyebab terakhir dari tulang ikan terkecil, langkah selanjutnya adalah memverifikasi masalah. Tools yang sering digunakan dalam verifikasi masalah adalah Pareto dan Scatter. Namun banyak yang akrab dengan pareto. Lakukan brainstorming dengan tim improvement untuk mendapatkan score dari masing-masing penyebab, dan buatkan pareto untuk mencari penyebab mana yang paling dominan yang harus diselesaikan terlebih dahulu.

pareto, fishbone, QCC
PIC/Bahan Training Astra/Pareto

Post a Comment for "Continuous Improvement - Analisa Masalah (Step 4)"