Investigasi Kecelakaan Kerja - Membaca Data Tachometer Unit

Investigasi Kecelakaan kerja – Pemeriksaan kecelakaan yang melibatkan kendaraan bergerak akan sangat berkaitan erat dengan fungsi dari instrument yang ada seperti fungsi pengereman, fungsi steering, lampu penerangan, dan lain-lain. Namun ada satu hal yang harus juga diikut sertakan dalam pengumpulan data yaitu rekaman laju kendaraan. Data ini akan sangat menjadi vital dalam menganalisa adanya pelanggaran kecepatatan atau untuk mengetahui kecepatan kendaraan terakhir sesaat sebelum terjadi kecelakaan.


tachometer, tachograph, how to read tachograph

Kecelakaan yang terjadi di area tambang, ataupun kecelakaan yang melibatkan kendaraan yang memiliki teknologi tinggi, akan ada bagian dari kendaraan yang berfungsi sebagai rekaman data (black box jika dipesawat). Record data kecepatan dan aktivitas yang dilakukan oleh driver dapat berupa data manual, maupun data elektronik. Di Industri pertambangan yang melibatkan unit-unit produksi dengan teknologi terkini sudah dapat mengakomodir hal ini, sehingga sangat membantu dalam proses pemeriksaan kecelakaan.


Data record kecepatan secara manual biasanya disajikan dalam bentuk grafik yang sering disebut dengan tachograph atau tachometer. "Tachometer adalah sebuah alat pengujian yang dirancang untuk mengukur kecepatan rotasi dari sebuah objek, seperti alat pengukur dalam sebuah mobil yang mengukur putaran per menit (RPM) dari poros engkol mesin. Kata tachometer berasal dari kata Yunani tachos yang berarti kecepatan dan metron yang berarti untuk mengukur (sumber: wikipedia)". Data tachometer disajikan di atas kertas khusus yang berbentuk lingkaran, data yang disajikan mewakili kecepatan kendaraan selama kurun waktu 24 jam. Grafik pada tachoghraph akan menyajikan kecepatan sesungguhnya kendaraan saat dioperasikan pada jam tertentu. 

tachometer, tachograph, investigasi kecelakaan kerja
tachograph

Pada tachograph di atas terdapat skala-skala yang menyatakan kecepatan (RPM), dan juga skala yang menyatakan waktu (jam). Tingginya kecepatan akan ditunjukkan oleh grafik-grafik garis selama 24 jam unit dioperasikan.

tachometer adalah

Untuk membacanya cukup mudah, hanya dengan melihat garis grafik mencapai pada skala kecepatan berapa (20 km/jam, 40km/jam, 80km/jam, 100km/jam, atau 120 km/jam). Serta lihat juga skala waktu yang terlihat, pada pukul berapa yang ingin dilihat kecepatan unitnya. Jika kita ingin melihat kecepatan kendaraan sesat sebelum terjadi kecelakaan, maka sesuaikan jam dengan jam perkiraan terjadi kecelakaan. Selain melihat jam kejadian, waktu kecelakaan juga terlihat dari perbedaan kecepatan yang drastis pada grafik kecepatan. Biasanya grafik kecepatan akan langsung menunjukkan garis lurus dari kecepatan tertentu ke kecepatan 0km/jam.

Untuk kendaraan produksi seperti truk kapasitas 100 ton ke atas, biasanya akan lebih canggih. Data kecepatan, jumlah beban yang diangkut (payload) dan aktivitas pengemudi dapat didownload dengan mudah melalui sistem. 

Data lapangan seperti ini akan sangat membantu dalam melakukan pemeriksaan kecelakaan, terutama jika proses pencarian fakta melalui wawancara saksi langsung (pelaku) menemui jalan buntu atau diragukan kebenarannya.


Post a Comment for "Investigasi Kecelakaan Kerja - Membaca Data Tachometer Unit"