Pesawat Angkat (Crane) untuk Mengangkat Orang (Man Lift)

crane, man lift, pesawat angkat, Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Pesawat angkat (crane) pada dasarnya adalah untuk mengangkat barang. Sebagian pekerja sering mempertanyakan tentang boleh tidaknya crane difungsikan sebagai pengangkat orang (pekerja) atau sering disebut Man lift. Pada beberapa kasus, biasanya yang digunakan sebagai man lift adalah fork lift yang telah dilengkapi dengan tempat penumpang (basket). Namun, untuk kondisi pekerjaan tertentu unit forklift tidak dapat digunakan karena jangkauannya yang terbatas. Oleh karena itu, penggunaan crane adalah salah satu ide untuk mengantisipasi hal tersebut.




Bolehkah Crane Difungsikan Untuk Mengangkat Orang (Man Lift) ?

Untuk Menjawab pertanyaan seperti itu tentunya kita tidak boleh gegabah, perlu alasan yang kuat untuk menyatakan boleh atau tidaknya. Untuk di dunia pertambangan, crane BOLEH digunakan sebagai alat angkat manusia (man lift) asalkan memenuhi beberapa kriteria. Sesuai dengan Kepmen 555 Tahun 1995 Tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja Pertambangan umum pasal 156, disebutkan bahwa:
  1. Dilarang mengangkat orang dengan pesawat angkat atau naik di atas muatan yang sedang dipindahkan.
  2. Ketentuan pada ayat 1 tidak berlaku bagi orang yang diangkat pesawat angkat dengan maksud khusus yang dilengkapi dengan tempat penumpang dan sesuai dengan pedoman kerja yang telah disetujui KAIT.
Berdasarkan hal di atas tentunya boleh saja pesawat angkat digunakan untuk mengangkat pekerja dengan syarat bahwa tersedia tempat penumpang (basket), dan tentunya syarat utamanya adalah mendapatkan ijin dari kepala inspektur tambang (KAIT). Hal-hal yang perlu dipersiapkan adalah menentukan berat maksimum yang mampu diangkat oleh pesawat angkat, uji teknis dari vendor, dan tentunya prosedur yang mengatur tentang keselamatan pekerjaan. 

Risiko dari crane yang difungsikan sebagai man lift adalah faktor kestabilan saat pekerja diangkat, perlu pengendalian agar pekerja tidak mudah jatuh terutama saat kondisi angin kencang.

Post a Comment for "Pesawat Angkat (Crane) untuk Mengangkat Orang (Man Lift)"