Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Definisi K3, K3, Keselamatan Kerja

Artikel Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Saat ini Aspek Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) menjadi hal penting yang perlu diperhatikan dalam suatu industri. Berbeda halnya sebelum tahun 1990an, K3 sepertinya masih dikesampingkan. Lambat laun pengusaha dan pemerintah semakin memahami betapa pentingnya Keselamatan dan kesehatan Kerja terhadap keberlangsungan usaha dan image perusahaan serta negara. 



Keseriusan pemerintah ditunjukkan dengan semakin banyaknya regulasi yang dikeluarkan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja di jalankan, sedangkan pengusaha memperlihatkan keseriusan dengan berperan aktif dalam segala macam kegiatan K3 serta mengeluarkan budget khusus bagi terselenggaranya K3 di lingkungan Perusahaan.

Berbicara tentang K3, sebenarnya apakah dari kita semua ini sudah mengetahui secara pasti pengertian atau definisi dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Diantara sekaian banyak pengertian K3, ada 3 definisi K3 yang lazim digunakan, yaitu:

Definisi K3 Menurut Keilmuan:

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua Ilmu dan Penerapannya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja (PAK), kebakaran, peledakan dan pencemaran lingkungan.

Definisi K3 Menurut Filosofi

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah suatu pemikiran dan upaya untuk menjamin keutuhan dan kesempurnaan jasmani maupun rohani tenaga kerja khususnya dan manusia pada umumnya serta hasil karya dan budaya menuju masyarakat adil dan makmur.

Definisi K3 Menurut OHSAS 18001:2007  

Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah semua kondisi dan faktor yang dapat berdampak pada keselamatan dan kesehatan kerja tenaga kerja maupun orang lain (kontraktor, pemasok, pengunjung dan tamu) di tempat kerja.

Secara umum K3 bertujuan untuk menjamin keselamatan dan kesehatan kerja seluruh pekerja sehingga tetap produktif. Tidak dipungkiri bahwa tujuan suatu bidang usaha adalah produktifitas (keuntungan), sehingga kita tidak boleh hanya memandang dari satu sisi saja. Menjalankan K3 tanpa memperhatikan aspek produktifitas tentunya tidak akan sehat bagi perusahaan, sedangkan terlalu berorientasi pada produksi juga tidak terlalu bagus bagi keselamatan pekerja.


Post a Comment for "Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)"