Mengatasi Sedimentasi Lumpur dengan Geotube

geotube, teknologi mengurangi TSS, pengelolaan air, pencemaran air

Geotube Dewatering Technology - Padatan tersuspensi pada air limbah produksi tentunya akan sangat berpengaruh terhadap kualitas air yang akan dibuang ke badan air, oleh karena itu perlu adanya instalasi khusus untuk dapat mengendapkan material tersuspensi tersebut seperti settling pond, atau jenis IPAL lainnya, Pada kegiatan industri yang menggunakan instalasi pengelolaan air limbah (IPAL) seperti industri pembuatan minyak goreng, dan Industri pertambangan biasanya selalu ada pembersihan kolam-kolam endapan agar sedimen-sedimen lumpur tidak mengganggu kualitas air yang akan dikeluarkan.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi  konsentrasi sedimen lumpur pada kolam pengendapan, seperti melakukan pengerukan manual secara berkala, namun untuk kapasitas kolam endapan yang cukup luas tentunya cara ini akan sulit dilakukan. Teknologi geotube merupakan salah satu solusi untuk dapat mengurangi sedimentasi lumpur yang tidak mungkin dilakukan pengerukan dengan menggunakan excavator.

Geotube merupakan teknologi pengerukan lumpur pada kolam-kolam pengendapan dengan menggunakan pompa dredger (kapal keruk), kemudian lumpur yang tercampur dengan air ini akan dipompa ke wadah-wadah yang berbentuk karung besar (tube) melalui pipa. Sebelum sampai ke karung-karung besar tersebut, air yang dipompa tersebut dicampur dengan menggunakan cairan kimia khusus yang berfungsi untuk mempercepat proses pengendapan (flokulan).


geotube
Flokulan akan mengakibatkan padatan tersuspensi yang memiliki diameter sangat halus ini membentuk flog-flog atau koloni karena saling mengikat, sehingga mengakibatkan massanya akan semakin bertambah yang akan menyebabkan padatan tersuspensi ini mengendap.

Wadah besar yang digunakan untuk menampung air yang mengandung padatan tersuspensi ini memiliki pori-pori halus yang masih memungkinkan air dapat meresap keluar, sehingga padatan tersuspensi atau lumpur-lumpur tersebut akan terperangkap di dalam tube tersebut.

teknologi geotube, geotube

Air yang keluar dari pori-pori wadah (tube) akan mengandung TSS yang sangat kecil, karena lumpur atau padatan terlarut terperangkap dalam tube tersebut dan dalam beberapa hari akan mengering. Wadah-wadah besar yang berisi lumpur kering ini dapat dimanfaatkan sebagai penahan timbunan (disposal) atau sering digunakan sebagai bendungan di laut.

Post a Comment for "Mengatasi Sedimentasi Lumpur dengan Geotube"