Perlunya Data Log Panggilan dalam Investigasi Kecelakaan

kecelakaan kerja, investigasi kecelakaan, keselamatan dan kesehatan kerja

Keselamatan dan Kesehatan Kerja - Investigasi Kecelakaan pada umumnya bertujuan untuk mencari suatu akar masalah dari kecelakaan yang terjadi, dan tentunya tujuan akhirnya adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan yang berulang. Pada saat melakukan pemeriksaan kecelakaan tentu akan diperlukan data-data penunjang yang dapat membantu dalam memecahkan masalah-masalah yang mengakibatkan kecelakaan tersebut terjadi seperti data pengukuran lapangan, data pelatihan, kelayakan unit, dan lain sebagainya.


Pada kecelakaan yang melibatkan pengoperasian kendaraan yang ditengarai ada yang disebabkan oleh penggunaan telepon genggam saat mengoperasikan kendaraan sering kali data-data yang ada dalam perangkat selular akan dihapus oleh pelaku seperti histori panggilan masuk, panggilan keluar, dan SMS. Tentunya ini akan sedikit mempersulit dalam proses pemeriksaan kecelakaan, terutama saat menentukan penyebab kecelakaan yang harus disertai data yang dapat memperkuat pernyataan tim investigator.

Ada banyak cara untuk tetap bisa mendapatkan data yang akurat agar penyebab kecelakaan yang ditulis merupakan penyebab yang sebenarnya, diantaranya adalah dengan menanyakan secara langsung kepada pelaku. Cara ini terbilang sangat tipis kemungkinannya untuk memperoleh data yang akurat, karena si pelaku tentunya akan defend dan memberikan keterangan yang dibuat-buat untuk menutupi kebohongannya. Namun cara ini harus tetap dilakukan dengan harapan agar proses investigasi dapat berjalan lancar tanpa berbelit-belit.

Jika wawancara secara tim tidak membuahkan hasil, maka lakukan pendekatan secara personal. Tunjuk salah satu manajemen perusahaan untuk melakukan pembicaraan secara personal dengan pelaku. Tentunya pembicaraan dilakukan secara 4 mata saja di ruangan yang berbeda, karena kecenderungan seseorang yang telah terlanjur memberikan data fiktif tidak akan mau merubah pernyataannya di depan orang banyak.

Apabila pendekatan personal tetap tidak membuahkan hasil, dan pelaku tetap tidak mengakui tentang kemungkinan pelaku mengunakan handphone saat mengendarai kendaraan, maka cara terakhir adalah cara yang terbilang sangat jitu yaitu meminta data dari vendor simcard. Tim Investigator dapat meminta seluruh catatan aktivitas yang dilakukan oleh pengguna kartu selular kepada vendor penyedianya seperti Telkomsel, XL, Indosat, dan lain sebagainya. Untuk meminta data ini biasanya dari pihak vendor akan meminta surat pernyataan dari pimpinan perusahaan, hal ini agar maksud dan tujuannya jelas.

Dalam kegiatan pemeriksaan kecelakaan sebaiknya jangan sampai tidak menemukan akar masalah yang sebenarnya, jika memungkinkan memerlukan pihak external maka harus tetap dilakukan agar hasil yang didapat merupakan akar penyebab yang sebenarnya. Tujuannya adalah agar rekomendasi yang diberikan dari hasil investigasi kecelakaan benar-benar mampu mencegah terjadinya kecelakaan yang berulang. Hal ini juga akan sangat berpengaruh terhadap kepedulian karyawan akan pentingnya memberikan keterangan yang benar dalam pemeriksaan kecelakaan yang berguna untuk menjaga Keselamatan dan Kesehatan seluruh karyawan.



Post a Comment for "Perlunya Data Log Panggilan dalam Investigasi Kecelakaan"