Uncategorized

Bekerja Di Dekat Kabel Listrik Bertegangan (Overhead Power Lines)

Published by
Darmawan Saputra

Bekerja Di Dekat Kabel Listrik Bertegangan – Pekerjaan di bawah atau di dekat kabel bertegangan memang sangat membahayakan terutama kabel yang dialiri tegangan tinggi, langkah terbaik adalah memikirkan cara lain agar pekerjaan tersebut tidak harus dikerjakan didekat atau di bawah kabel bertegangan listrik tersbut. Namun ada kalanya pekerjaan tersebut tidak bisa dihindari mengingat lokasi pekerjaan harus berada di area yang berdekatan atau di bawah kabel bertegangan listrik tersebut.

Kabel betegangan yang berada di atas (overhead power lines) mungkin tidak akan berpengaruh bagi pekerja atau peralatan yang hanya melintas dan memiliki ketinggian yang tidak mencapai kabel listrik tersebut. Namun akan sangat berbahaya jika ada pekerja yang melakukan pekerjaan atau operasional unit yang mendekati jarak tidak aman ke kabel bertegangan listrik tersebut.

Definisi Bekerja Dekat Kabel Listrik Bertegangan (Working Near Overhead Power Lines)

Bekerja di Dekat Kabel Bertegangan adalah melakukan pekerjaan di dekat atau pada jarak yang tidak aman ke saluran listrik yang berada di atas. Dengan kata lain bahwa pekerjaan di dekat kabel bertegangan adalah kondisi dimana ada kemungkinan ada orang atau unit yang beroperasikan mendekati jarak tidak aman dari kabel listrik.

Bagaimana Working Near Overhead Power Lines Sangat Membahayakan ?

Potensi bahaya timbul dari tegangan listrik yang berada di kabel, setiap pekerja atau peralatan yang beroperasi di dekat atau pada jarak yang tidak aman akan sangat berisiko mengalami kontak dengan kabel bertegangan tersebut. Kontak dengan kabel yang dialiri listrik bertegangan tinggi akan sangat berpotensi mengakibatkan kematian pada pekerja atau paling tidak luka bakar yang sangat serius.

Bahaya lain yang mungkin terjadi adalah terjadi kebakaran unit atau ledakan akibat arus pendek yang terjadi. Risiko kecelakaan tidak hanya terkjadi ketika terjadi kontak secara langsung, berada sangat dekat pada kabel bertegangan listrik yang tinggi ini juga bisa saja sangat membahayakan nyawa Anda.

Berapa Jarak Aman Bekerja di Dekat Kabel Listrik ?

Untuk menentukan berapa jarak yang aman untuk melakukan pekerjaan di dekat kabel listrik bertegangan tentu sangat dipengaruhi oleh pengetahuan pekerja terhadap kelistrikan, seorang yang tidak memahami kelistrikan tentu akan lebih berisiko dibanding dengan orang yang sudah memahami kelistrikan. Hal ini akan mempengaruhi jauh dekatnya jarak dari kabel listrik tersebut.

Penentuan jarak aman juga dipengaruhi oleh kemungkinan flashover energi listrik dan juga pergerakan yang tidak disengaja oleh pekerja.

Ilustrasi Perhitungan Jarak Aman (Source : www.safework.nsw.gov.au)

Berikut adalah Zona kerja di dekat kabel bertegangan listrik (Working Near Overhead Power Lines) yang didasarkan pada Pengetahuan Pekerja terhadap kelistrikan.

Zona Kerja di Dekat Kabel Listrik Betegangan

Untuk mempermudah dalam penentuan zona kerja sesuai gambar di ata,  berikut beberapa tabel yang menunjukkan jarak terhadap kabel bertegangan untuk pekerjaan yang dilakukan oleh pekerja yang belum memiliki pengetahuan tentang kelistrikan dan pekerja yang terlatih.

Tabel 1. Jarak Pekerjaan Dengan Kabel Listrik Yang Dilakukan Oleh Pekerja Belum Terlatih
Tabel 2. Jarak Pekerjaan Dengan Kabel Listrik Yang Dilakukan Oleh Pekerja Terlatih

Demikian sekilas artikel mengenai pekerjaan di dekat kabel listrik bertegangan yang berada di atas, selain penggunaan peralatan seperti excavator, crane dan peralatan lain yang berpotensi kontak dengan kabel listrik, penentuan jarak aman juga perlu dilakukan pada pekerjaan dengan menggunakan scaffolding (perancah).

Sumber : www.safework.nsw.gov.au

Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra
Tags: Safety

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago