Penerapan ISO 9001 Versi 2015 – ISO 9001 merupakan yang diperuntukkan bagi sistem manajemen mutu, standar ini akan membantu suatu bisnis atau organisasi lebih efisien dan menciptakan kepuasan bagi pelanggan. Sudah banyak organisasi atau perusahaan yang telah menggunakan standar mutu ini baik di dunia maupun di Indonesia. ISO 9001 yang banyak diguanakan adalah versi 2008, namun pada bulan September 2015 technical committee yang menangani standarisasi ISO telah mengeluarkan versi terbaru yaitu ISO 9001 versi 2015.

Mengapa ISO selalu Berubah-Ubah Versi..?
Standar ISO sendiri akan dilakukan review setiap 5 tahun sekali, dan akan dilakukan revisi jika diperlukan. Tentunya ini bertujuan agar ISO masih mampu mendukung perkembangan bisnis di masa-masa mendatang, tantangan yang dihadapi dunis bisnis saat ini akan sangat berbeda dengan beberapa tahun belakang, permintaan pelanggan akan semakin meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas.
Terus Bagaimana Yang Masih Menerapkan ISO 9001:2008..?
Tentunya ini menjadi pertanyaan bagi banyak organisasi atau perusahaan yang sudah menerapkan Sistem manajemen mutu versi 2008 (ISO 9001:2008). Tuntutan untuk beralih dari versi lama ke versi baru menjadi kekhawatiran tersendiri, apalagi jika perubahan pada ISO 9001 versi 2015 cukup banyak.
Setelah ISO 9001 versi 2015 diluncurkan pada september 2015, maka semua organisasi yang menerapkan sistem manajemen mutu ini harus mulai beralih dari versi lama ke versi terbaru ini. Tentu saja peralihan itu tidak dituntut secapatnya, dirilis dari website ISO bahwa organisasi yang menerapkan sistem manajemen mutu (ISO 9001) diberi waktu transisi selama 3 tahun sejak ISO 9001 versi 2015 dirilis.
Setiap organisasi tentunya memiliki bisnis proses yang berbeda-beda, jadi langkah-langkah perubahan terhadap sistem manajemen disesuaikan dengan bisnis proses masing-masing. Berikut beberapa tips untuk berubah dari ISO 9001:2008 ke ISO 9001:2015 :
  1. Baca dan telaah dokumen-dokumen dalam ISO 9001 versi 2015,
  2. Lakukan Gap Analysis untuk mengetahui kekurangan yang ada, jika ada dokumen yang perlu dirubah atau ditambah maka mulailah lakukan perubahan.
  3. Susun rencana implementasinya dengan manajemen organisasi atau perusahaan anda
  4. Lakukan pelatihan dan bangun kepedulian seluruh karyawan terhadap perubahan Sistem Manajemen Mutu
  5. Lakukan perubahan ke Versi Baru
  6. Lakukan komunikasi dengan Badan Sertifikasi yang menangani sertifikasi ISO di organisasi anda, sampaikan terkait rencana perubahan ke ISO 9001 versi 2015.
Dengan munculnya ISO 9001 versi 2015 ini tentunya diharapkan dapat membantu organisasi atau bisnis lebih mudah mencapai target yang diinginkan, dengan waktu 3 tahun yang diberikan sebagai waktu transisi dari ISO 9001 versi 2008 tentunya organisasi atau bisnis yang menerapkan sistem manajemen mutu ini dapat mempersiapkan dengantidak terburu-buru.
Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago