Berbagai Macam Perlengkapan Lock Out Tag Out

Published by
Darmawan Saputra

Setelah mengetahui sumber energi yang harus diisolasi (LOTO), maka selanjutnya adalah mengenal apa saja perlengkapan yang dapat digunakan dalam melakukan isolasi energi.


Tagging

Dalam beberapa referensi akan kita kenal macam-macam tagging, diantaranya:

  • Out of service tag
  • Personal danger tag

Semua peralatan memiliki fungsi dan peruntukan masing-masing.

Out of service tag

Memberitahu semua personil bahwa instalasi atau alat tidak boleh di operasikan karena dapat mengakibatkan cedera orang atau menimbulkan kerusakan lebih lanjut pada instalasi atau alat tersebut.
Out of service tag ini dapat digunakan oleh siapa saja yang menganggap bahwa instalasi atau alat rusak dan jika di operasikan dapat menimbulkan cedera pada orang atau kerusakan lebih lanjut pada instalasi atau alat tersebut.
Penempatan Out of service tag harus dipasang di tempat yang mudah dilihat oleh setiap orang yang mungkin mencoba menghidupkan, mengoperasikan atau mengakses instalasi atau alat.
Out of service tag

Personal Danger Tag
Dimaksudkan untuk memberi informasi kepada personil bahwa orang yang namanya tertulis pada Personal Danger Tag sedang melakukan melakukan pekerjaan yang mewajibkan titik isolasi ( dimana Tag itu dipasang ) tetap terisolasi.
Berbeda dengan Out of Service Tag, personal Danger Tag hanya dilakukan oleh peronil yang bermaksud melakukan pekerjaan yang mewajibkan isolasi. Personil yang menggunakan Personal danger Tag harus terlatih dan kompeten sebagai seorang personal lock holder.
Penempatan Personal Danger Tag hanya boleh dipasang pada titik isolasi yang dipasangi dengan Out of Service Tag, atau di tempat pengontrolan isolasi misalnya Lockout Station. Personal Danger Tag hanya dipasang dan dilepas oleh orang yang namanya tertulis di tag tersebut.
Personal danger tag ada yang bersifat temporary dan ada yang permanen. Personal tag yang permanen hanya boleh digunakan oleh orang yang tertera di tag, personal temporary dapat digunakan oleh tamu atau pekerja yang menunggu proses pembuatan tag permanen.
Temporary personal tag


Contoh personal danger tag

Selain tagging, kita akan mengenal beberapa bentuk lock, seperti gembok, cissor, lock out clamp, lock out valve, dan lain-lain.

PadLock (gembok)
PadLock adalah kunci gembok yang dipasang pada pemutus sumber arus (alat isolasi sumber energi) untuk mencegah sumber arus atau energi tersebut disambung secara tidak sengaja. Padlock yang efektif tidak memungkinkan alat dipasangkan pada sumber arus tanpa lock/gemboknya dibuka terlebih dulu.

Jenis-jenis Padlock (gembok) adalah sebagai berikut: Personal Lock, master series lock.
Personal lock adalah gembok yang hanya digunakan oleh satu petugas isolasi saja, dan penggunaannya harus selalu disertai dengan personal danger tag.
Master Series Lock digunakan di mana isolasi dilakukan oleh lebih dari dari satu orang dan pekerjaan akan berlangsung lebih dari satu shift. Isolation Officer harus menjadi orang pertama yang memasang master series lock dan orang yang terakhir melepasnya setelah tugas selesai dilakukan.
Personal Lock
Master Series Lock


Clipsal atau Isolasi Box
Clipsal atau isolasi box adalah peralatan yang digunakan untuk memutus energi dan sebagai tempat dimana gembok dan tag dipasang.
Clipsal
Isolasi Box
Beberapa perlengkapan loto di atas hanya sebagian kecil saja, tentunya akan banyalk sekali tipe dan bentuk dari peralatan isolasi (LOTO Kit) yang disesuaikan dengan energi yang akan diisolasi.

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

9 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

10 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago