Cara Memasang Tangga Portabel – Tangga portable merupakan akses untuk naik atau turun dari suatu tempat yang memiliki beda ketinggian yang tidak dilengkapi dengan tangga permanen. Di dunia kerja dan kehidupan sehari-hari tangga portable kerap sekali digunakan, walaupun dengan berbagai macam jenis tangga portable.
Namun seiring dengan perkembangan, kecelakaan yang berkaitan dengan penggunaan tangga portable banyak terjadi. Penyebab-penyebab kecelakaan yang sering muncul adalah kondisi tangga, cara memposisikan atau memasang, dan tingkah laku pekerja saat di atas tangga. Untuk memastikan kondisi tangga layak digunakan harus selalu dilakukan pemeriksaan tangga portabel, dan cara menggunakan tangga yang aman harus selalu diterapkan untuk mengurangi potensi terjadinya kecelakaan pada penggunaan tangga.

Cara memasang tangga juga sangat memegang peranan penting terhadap terjadinya kecelakaan, ketidakstabilan penempatan dan permukaan sering mengakibatkan tangga jatuh dan tergelincir. Berikut beberapa tips memasang atau memposisikan tangga portable agar tetap aman:

  1. Angkat tangga mendekati area pekerjaan, jika mengalami kesulitan atau tangga terlalu berat mintalah bantuan rekan kerja.
  2. Lihat sekitar area kerja, pastikan tidak ada jaringan kabel yang bertegangan listrik
  3. Tempatkan kaki tangga pada permukaan yang rata dan tidak licin. Jika permukaan yang tidak rata tidak dapat dihindari, gunakanlah tangga yang memiliki Levelling device.
  4. Pasang pengunci (spreader bar) pada posisi benar-benar mengunci. Dan pastikan pengunci terpasang jika menggunakan tangga sliding (extension ladder).
  5. Batasi area kerja dengan menggunakan barikade atau traffic cone, dengan tujuan agar tidak ada kendaraan atau pekerja lain lalu lalang di area tersebut.
  6. Sisakan bagian tangga sekitar 3 feet dari titik tumpuan yang ada di bagian atas (Atap atau dinding).
  7. Sudut kemiringan tangga memilki perbandingan 4 : 1 (4 untuk tinggi, dan 1 untuk jarak kaki tangga dari dinding). Cara mudahnya berdirilah dengan menghadap tangga, kaki anda menyentuh kaki tangga, dan julurkan tangan anda. Jika anda dapat memegang anak tangga, berarti sudutnya sudah sesuai.
Langkah-langkah di atas merupakan langkah yang dapat diaplikasikan pada standar ladder (tangga portable tanpa extension). Jika anda menggunakan extensions ladder, untuk memasang tangga dapat dilakukan dengan cara berikut:
  1. Letakkan tangga dengan bagian kaki tangga menumpu pada bagian bawah dinding.
  2. Angkat ujung yang lainnya, dan berjalanlah sembari mengangkat tangga dengan bagian kaki tangga tetap pada posisi semula (posisi tulang belkang harus tetap lurus untuk menghindari cidera punggung).
  3. Pegang tangga agar tetap tegak, dan angkat tangga menjauh dari dinding sejauh 1/4 bagian tinggi tangga (agar rasio 4:1).
  4. Letakkan salah satu kaki anda di anak tangga terbawah dengan salah satu tangan tetap memegang tangga dan tangan yang lain menarik tali extension. Jika anda kesulitan, mintalah bantuan rekan kerja yang lain.
  5. Atur kembali posisi tangga ke dinding seaman mungkin dengan tetap memperhatikan rasio 4:1.

Beberapa langkah cara memasang atau memposisikan tangga di atas akan lebih aman jika pada bagian atas tangga diikat selama pekerjaan dilakukan, dan selalu menerapkan prinsip kerja aman saat di atas tangga seperti menerapkan three point contact (tiga titik tumpu) dan tidak memaksakan menjangkau benda terlalu jauh.
Portable ladders: How to use them so they won’t let you down
Sumber : Portable ladder, Oregon OSHA

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago