Pada artikel sebelumnya tentang Bahaya pada Pengelasan Menggunakan Gas telah disebutkan bahaya-bahaya yang dapat timbul pada saat pengelasan dengan menggunakan gas acetylene dan gas oksigen, salah satu diantaranya adalah kebakaran karena panas, sparks, dan kontak dengan

Sumber pengapian yang dikeluarkan dari nozzle atau torch tabung las merupakan sumber api yang sangat kuat. Tindakan-tindakan ceroboh dalam menggunakan torch atau nozzle telah banyak menyebabkan kebakaran pada area kerja. Apabila api kontak dengan bahan yang mudah terbakar seperti kertas, kayu, kardus, tekstil seperti pakaian, karet dan plastik akan sangat mudah terjadi kebakaran. Selain itu juga percikan-percikan api yang dikeluarkan pada saat proses pengelasan dapat membuat kebakaran pada beberapa material tadi.



Untuk menghidari terjadinya kebakaran yang disebabkan oleh panas dan percikan material panas pada saat pengelasan, dapat dilakukan dengan beberapa langkah sederhana. Berikut tips keselamatan pada saat melakukan pengelasan dengan gas:
  1. Lakukan pekerjaan pengelasan hanya pada area yang telah ditentukan, jika di area kerja belum ditentukan khusus untuk pekerjaan pengelasan maka cari lokasi yang memang aman untuk melakukan pekerjaan panas/ pengelasan.
  2. Singkirkan bahan-bahan yang mudah terbakar dari area pengelasan seperti kertas, pakaian, karet, dan bahan bakar (fuel).
  3. Lindungi material yang mudah terbakar yang memang tidak bisa dipindahkan, gunakan pelindung yang sesuai atau penutup seperti perisai tahan bakar atau penghalang yang terbuat dari fiber.
  4. Memeriksa bahwa tidak ada bahan yang mudah terbakar di balik dinding atau pembatas area pengelasan, terutama jika proses pengelasan akan berlangsung cukup lama.
  5. Gunakan perisai tahan api untuk menghidari adanya percikan partikel atau material panas yang melenting ke area kerja lain atau mengenai bahan yang mudah terbakar.
  6. Sediakan Alat pemadam api (APAR) di sekitar area pengelasan
  7. Periksa secara berkala kondisi selang las, jangan sampai percikan atau material panas mengenai selang.

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago