Continuous Improvement – Analisa Kondisi Yang Ada (Step 3)

Published by
Darmawan Saputra

Plan Do Check Action (PDCA)Analisa Kondisi Yang Ada atau yang sering disebut dengan ANAKONDA dalam Kaizen (continuous improvement) merupakan gambaran secara detail proses kerja atau kondisi aktual yang dapat menyebabkan masalah (ketidaktercapaian target). Anakonda merupakan langkah ke 3 dari Kaizen, namun biasanya sebagian tim improvement akan memiliki cara masing-masing sehingga anakonda yang seharusnya menjadi langkah 3 akan diletakkan pada langkah 2, dan sebaliknya Menentukan Target Perbaikan yang ada di langkah ke 2 akan diletakkan menjadi langkah ke 3. Hal ini dikarenakan dalam menentukan target perbaikan didasari dari analisa kondisi yang ada. Semua itu sah-sah saja, yang penting tujuan utamanya adalah melakukan perbaikan dalam business process, dan membalikkan langkah 3 ke langkah 2 tidak akan merubah esensi dari 8 steps dalam continuous improvement.

Pada langkah ke-3 dari continuous improvement ini anda harus menyederhanakan masalah dan melakukan survey lapangan (gemba). Lakukan observasi di lapangan untuk dapat melihat secara langsung proses pekerjaan, lakukan analisa potensi-potensi penyebab ketidaktercapaian target atau masalah pada setiap langkah kerja atau proses, kumpulkan sebanyak-banyaknya fakta yang ada di lapangan.

Sajikan data yang diperoleh di lapangan dalam bentuk alur proses, diagram sebab akibat, maupun dalam bentuk diagram tulang ikan (fishbone). Pada langkah ini kita dituntut untuk dapat menganalisa 4M + 1 E (man , mathode, material, machine, environment). Berikut beberapa contoh dari analisa kondisi yang ada dalam QCC

Sumber :QCC Pedati
Ilustrasi gambar di atas hanya merupakan salah satu contoh bagaimana menyusun data analisa kondisi yang ada (anakonda), bentuk penyajian data bisa bervariasi sesuai keinginan tim improvement, hanya saja intisari dari data yang disajikan harus mampu menggambarkan kondisi saat sebelum dilakukan improvement, sehingga terlihat akar penyebab masalah (ketidaktercapaian target)

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago