Hal yang Perlu Anda Perhatikan Saat Mengemudikan Mobil

Published by
Darmawan Saputra
Mengemudikan sarana (mobil kecil) di area tambang sangat berisiko besar, dikarenakan banyak berinteraksi dengan unit-unit produksi yang ukurannya sangat besar. Apabila terjadi satu kesalahan saja, maka akan berdampak fatal pada pengemudi dan penumpang.

Beberapa kasus kecelakaan yang melibatkan unit sarana dan unit produksi berdampak kematian lebih dari satu orang (multiple fatality). Untuk mengurangi risiko yang dapat terjadi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudikan kendaraan kecil (sarana) di tambang, yaitu:
1. Periksa kelayakan unit sarana
Kelayakan unit sangat berpengaruh terhadap performa unit, untuk mengetahui kelayakan unit maka perlu dialkukan pemeriksaan sebelum unit dioperasikan (pre star check). Adapun pemeriksaan yang perlu dilakukan adalah memeriksa kondisi mesin (ada tidak kebocoran, kondisi air radiator, kondisi oli mesin, ketersediaan oli steering, oli sistem pengereman, Accu, dan lain-lain), cek fungsi sistem break (pengereman), cek fungsi klakson dan lampu-lampu, cek fungsi penggerak roda, cek fungsi signal bunyi (alarm), apar. Periksa kondisi ban termasuk tekanan ban, fungsi sabuk pengaman.
2. Cek kesesuaian tempat duduk
Kesesuaian tempat duduk berkaitan erat dengan kenyamanan saat berkendara (ergonomi), dan ini sangat berpengaruh terhadap kesigapan kita saat berkendara.
Atur posisi jok (seperti tinggi dan rendahnya, jarak dari steering), Atur posisi ketinggian steering senyaman mungkin, atur kesesuaian cermin (spion kanan dan kiri, kaca tengah).
Posisi yang sesuai sangat berpengaruh terhadap kenyaman saat berkendara, dan mengurangi potensi cepat kelelahan.
3. Perhatikan tanda-tanda (rambu)
Rambu sangat membantu pengguna jalan dalam mengidentifikasi keadaan yang ada di depannya dan menjadi pedoman dalam berkendara.
Pihak pembuat dan pemasang rambu tentunya sudah mempunya pertimbangan tersendiri tentang pemasangan rambu pada bagian jalan, hal ini biasanya didasari pada penilaian risiko ataupun record kecelakaan yang pernah terjadi. Oleh karena itu, tugas kita hanya perlu menbgikuti semua yang dianjurkan atau diwajibkan di rambu seperti kecepatan maksimum, rambu informasi jalan, dan lain-lain.

4. Jangan meletakkan barang di dashboard
Barang-barang yang diletakkan di atas dashboard dapat mempengaruhi perhatian anda saat berkendara. Beberapa kasus kecelakaan menabrak terjadi karena driver berusaha meraih barang yang diletakkan di dashboard bergerak/terjatuh.
Saat berusaha meraih barang yang kita letakkan di dasboard tanpa disadari akan menyebabkan tangan anda menarik steering. hal ini dapat menyebabkan unit berubah arah dan berpotensi menabrak.
5. Jangan mengemudi saat kondisi kelelahan atau fatigue
Fatigue masih menjadi penyebab kecelakaan yang cukup tinggi dalam berkendara, kondisi fisik yang kelelahan dan mengantuk sangat membahayakan saat berkendara. waktu tercepat orang terlelap adalah sekitar 4 – 5 detik, bisa dihitung berapa meter unit berkjalan tanpa kontrol jika kecepatan 60 km/jam. Jika ini terjadi dan unit keluar ke jalur yang berlawanan, maka sangat berpotensi terjadi tabrakan jika ada unit lain dari arah berlawanan.
6. Perhatikan jarak aman
Jarak aman dengan unit lain harus selalu diperhatikan, jangan sekali-kali untuk dilanggar baik jarak aman dengan unit di depannya ataupun dengan unit lain yang beroperasi disekitar unit anda. Jarak aman di atur dimasing-masing tempat kita bekerja.
Hal yang sangat tidak boleh dilanggar adalah jarak aman dengan unit produksi, bebapa kecelakaan yang berakibat dilindasnya unit sarana oleh unit produksi (HD) dikarenakan jarak aman antar unit yang dilanggar.
7. Tetap pada jalur
Jalan tambang biasanya mempunyai standar lebar adalan 3.5 kali lebar unit terbesar. tentunya hal ini akan menyebabkan jalan sangat lebar bagi kendaraan sarana. Namun jangan sekali-kali untuk mengambil jalur lain saat mengemudikan sarana, terutama pada jalur terhalang (blindspot) seperti tikungan, tanjakan atau turunan yang menyebabkan keterbatasan pandangan. hal ini dapat mengakibatkan tertabrak unit dari arah yang berlawanan.
8. Komunikasi aktif
Lakukan komunikasi aktif dengan pengguna jalan lain saat akan mendahului, atau berikan informasi kepada unit lain tentang keberadaan unit anda.

9. Gunakan sabuk pengaman

Sabuk pengaman akan sangat membantu mengurangi tingkat keparahan saat terjadi kecelakaan. Beberapa kasus kecelakaan, korban mengalami cidera yang parah dikarenakan terlempar dari dalam mobil atau mengalami benturan karena tidak menggunakan sabuk pengaman.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengemudikan kendaraan ringan (light vehicle) di area tambang. Semoga dapat membantu rekan-rekan dalam meminimalisir potensi kecelakaan.a

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago