Hujan asam berkaitan erat dengan polusi udara, banyaknya polutan yang terkandung di udara dari hasil pembakaran kendaraan bermotor dan cerobong-cerobong asap industri menyebabkan kandungan sulfur (zat belerang) di udara tinggi.


Pengertian hujan asam adalah segala macam hujan dengan pH di bawah 5,6 (wikipedia). Pada dasarnya semua hujan bersifat asam karena mengandung CO2 di udara yang larut dengan air hujan, namun sifat asamnya lemah karena pH hanya sedikit di bawah 6.

Hujan asam pertama kali ditemukan oleh Robert A Smith di kota Manchester, dan sekitar tahun 1990an orang-orang mulai peduli dengan hujan asam yang berdampak pada kerusakan lingkungan. Hujan Asam dimulai sejak terjadinya revolusi industri, sejak saat itu banyak sekali penurunan kualitas lingkungan  dan pencemaran lingkungan.
Proses terjadinya hujan asam yaitu berkumpulnya gas sulfur oksida yang dihasilkan dari asap pabrik ditambang dengan gas nitrogen oksida yang dihasilkan dari kendaraan bermotor dan bereaksi dengan uap air yang ada di udara. Reaksi yang terjadi menghasilkan asam sulfat dan asam nitrat, yang kemudian terkondensasi membentuk awan yang kemudian menjadi hujan.

Yang perlu diketahui bahwa hujan asam tidak selalu terjadi pada daerah penghasil gas pencemar, hujan asam bisa terjadi beberapa kilometer dari daerah penghasil pencemar udara.  Hal ini disebabkan karena gas pencemar yang terkandung di udara tertiup angin. Kejadian hujan asam ini pernah terjadi di Swedia, awan hujan asam yang terbentuk di Inggris dan Jerman terbawa angin sampai ke Swedia.

Dampak dari hujan asam dapat menyebabkan kerusakan pada sarana dan prasarana karena sifatnya yang korosif, merusak lingkungan hidup, menghambat perkembangbiakan hewan, mencemari air.
Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

3 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

3 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

3 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

4 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago

Tema Bulan K3 Nasional Tahun 2023

Tema Bulan Nasional K3 Tahun 2023 Tema Bulan K3 Nasional Tahun 2023 - Pemerintah melalui…

1 year ago