Investigasi Kecelakaan Kerja – Pentingnya Data Lapangan

Published by
Darmawan Saputra

Investigasi Kecelakaan Kerja – Dalam melakukan pemeriksaan kecelakaan tentunya kita sangat membutuhkan data-data yang dapat mendukung proses investigasi agar berjalan lancar dan bisa mendapatkan akar masalah dari kecelakaan yang terjadi. Data-data pendukung tersebut sering disebut dengan 4 P (Part, People, Papper, Position).
Part
Kumpulkan semua bagian-bagian dari peralatan ataupun bukti-bukti lapangan, lihat bagian-bagian yang mungkin membentur/tumbukan, bagian yang retak, bentuk patah atau rusaknya, perbedaan bentuk (mengembang, penyok/ringsek, bengkok, terputar, dan lain sebagainya),
Contoh: Part

People
Cari semua orang yang bisa dimintai keterangan dalam kecelakaan tersebut, baik yang terlibat langsung (saksi langsung) maupun yang tidak terlibat namun masih memiliki hubungan (saksi tidak langsung), dan saksi ahli.
Saksi langsung adalah orang yang melihat atau terlibat langsung saat kecelakaan terjadi. Saksi langsung diantaranya pelaku atau korban (jika masih hidup), dan orang-orang yang melihat di lokasi kejadian.
Saksi Tidak langsung adalah orang yang tidak terlibat langsung atau tidak melihat kejadian namuan masih memiliki hubungan dengan pelaku atau korban. Contoh dari saksi tidak langsung adalah pengawas, teman kerja pelaku atau korban, orang tua atau keluarga, tetangga, dan lain-lain.
Saksi Ahli adalah orang yang mempunyai pengetahuan tentang peralatan/unit yang terlibat dalam kecelakaan, dokter, dan orang-orang yang mungkin mengetahui proses kerja dengan baik seperti trainer.
Papper
Dokumen-dokumen pendukung seperti data pemeriksaan kesehatan, data service peralatan, data training, data tachometer/kecepatan unit, data perawatan gedung, data pemeriksaan kelayakan, dan lain sebagainya. Kumpulkan data sebanyak-banyaknya, kalaupun nantinya tidak diperlukan, data ini bisa dipilah-pilah.
Position
Ukur semua letak dan buatlah sketsa dengan ukuran-ukuran yang sebenarnya, lengkapi data dengan foto-foto lokasi kejadian dari semua sudut. Bahkan lakukan pengambilan gambar yang memungkinkan semua lokasi terfoto (panorama).
sketsa kejadian

Data yang diperlukan yang menyatakan posisi adalah letak atau posisi korban dan pelaku, posisi unit atau peralatan yang terlibat, jarak pengereman, jarak satu kendaraan dengan kendaraan lain yang terlibat, posisi benda yang terlempar, dan lain sebagainya.
Data lapangan sebaiknya cepat diambil setelah kecelakaan terjadi, hal ini untuk mengantisipasi hilangnya bukti-bukti lapangan oleh orang yang tidak mengetahui pentingnya data atau oleh orang yang sengaja ingin menghilangkan bukti lapangan. Data dilapangan akan sangat membantu dalam investigasi kecelakaan kerja, terutama saat saksi-saksi dirasa menyembunyikan fakta yang sesungguhnya. Oleh karena itu, kumpulkan data-data sebanyak-banyaknya walaupun sebagiannya mungkin tidak digunakan, namun data-data lapangan adalah bukti-bukti yang tidak pernah mungkin berbohong.
Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

2 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

5 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

6 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

6 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

7 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago