Jin Botol

Published by
Darmawan Saputra
Alkisah di suatu sore berjalanlah seorang pemuda menyusuri pantai, sambil memandangi matahari yang akan tenggelam. Pada saat berjalan terlihat sebuah botol terombang-ambing terkena ombak di pantai, karena bentuknya yang unik pemuda itu kemudian mengambil botol tersebut. Pemuda itu memandangi botol tersebut, dan tidak lama terdengar suara dari dalam botol itu “hei pemuda,,tolong lepaskan saya dari botol ini,,nanti semua pengharapanmu akan saya penuhi”.

Mendengar suara itu sipemuda tersentak dan balik bertanya “haaa,,siapa kamu?, kenapa kamu bisa didalam botol”. Dan mahluk di dalam botol tersebut menjawab “saya Jin, yang dimasukkan oleh orang yang jahat ke dalam botol ini,, ayo mau kah membantu saya keluar dari botol ini?”

“Saya akan menolongmu, asalkan kamu bisa menjawab pertanyaan saya” jawab pemuda tersebut..”dimana saya bisa mendapatkan kebahagiaan, kapan dan bagaimana caranya” Tanya pemuda kepada jin.

Dan Jin tersebut menjawab “untuk bahagia kamu jangan percaya terhadap apapun dan siapapun kecuali Tuhan, yang kedua jangan terlalu berharap sesuatu yang kamu sendiri tidak mampu melakukannya, yang ketiga janganlah menyesali masa lalumu”.

Mendengar jawaban tersebut sipemuda pun melepaskan Jin tersebut dari botol, setalah terlepas jin tersebut berkata “terima kasih telah melepaskanku, namun seandainya kamu tahu..kalau seandainya kamu tidak melepaskan saya dan menjual saya, maka kamu akan mendapatkan uang banyak”.

Sontak pemuda itu kaget, dan berusaha memasukkan Jin tersebut ke dalam botol lagi. Dia berusaha sekuat tenaga sampai kelelahan dan pingsan. Si jin pun menunggu pemuda itu sampai sipemuda sadar. Tidak lama kemudian si pemuda sadar, si Jin pun berkata “dasar manusia, baru saja saya beri petunjuk untuk bahagia sudah dilupakan karena uang”. “ingat yang saya katakana tadi wahai pemuda, jangan percaya siapapun dan apapun kecuiali tuhan, saya hanyalah Jin, kenapa kamu percaya?”

“kedua,, jangan terlalu berharap sesuatu yang kamu sendiri tidak mampu melakukannya. Untuk memasukkan saya ke botol itu bukan pekerjaan mudah, butuh keahlian, selain itu kamu mengejar saya sampai kelelahan”

“ketiga,, janganlah menyesali masa lalumu,, kamu sudah memutuskan membantu saya, kenapa kamu berusaha memasukkan saya kembali, ini sudah terjadi,,kamu harus move on”.

Jin tersebut pergi menghilang meninggalkan pemuda yang hanya bisa duduk terdiam merenungi makna yang diajarkan Jin tadi…

Itulah hal yang bisa kita pelajari dari kisah di atas, begitu banyak dari kita yang melupakan nilai-nilai agama, norma-norma hukum hanya untuk mencari kebahagiaan,,

Jabat erat
Darmawan Saputra

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

9 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

10 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago