Keselamatan Kerja – Bahaya dari Uap Logam Dalam Pengelasan

Published by
Darmawan Saputra

Bahaya-bahaya Asap Pengelasan – Kegiatan pengelasan pasti akan mengakibatkan asap atau uap yang dihasilkan dari panas dan lelehan logam, uap-uap hasil pengelasan ini akan sangat berbahaya jika terhirup oleh pekerja. Penggunaan berbagai macam bahan logam dalam pengelasan akan menghasilkan banyak racun yang terkandung dalam uap pengelasan. Adapun bahaya uap dalam pengelasan dihasilkan dari logam-logam yang diantaranya sebagai berikut:
Aluminium, Uap yang dihasilkan dari pengunaan bahan aluminium dalam pengelasan jika terhirup dapat mengakibatkan kerusakan paru. Uap dari bahan aluminium dikelompokkan dalam “Fume Group A” yaitu uap yang  beracun rendah.
Barium, Uap yang dihasilkan dari pengelasan logam yang mengandung barium akan membahayakan paru-paru. Penyakit tersebut sering disebut baritosis, penyakit ini hampir tidak ada tanda-tanda dalam beberpa tahun. Namun seiring berjalannya waktu fungsi paru akan semakin menurun. Uap barium dikelompokkan dalam “Fume Group C” yaitu Uap yang sangat beracun (highly toxic).
Cadmium,  Paparan uap kadmium akan menyebabkan iritasi parah pada paru-paru. Biasanya kadmium digunakan sebagai bahan campuran logam lainnya dan bahan cat. Kadmium sering digunakan dalam proses eletroplating, dan uap kadmium dikelompokkan dalam “Fume Group D” yaitu Paling Beracun (extremely toxic).
Cromium, Uap dari bahan logam yang mengandung cromium akan menghasilkan kromium trioksida atau sering disebut asam kromat. Terpapar uap ini akan menyebabkan iritasi kulit dan bronkitis. Uap cromkium dikelompokkan dalam “Fume Group C” yaitu Sangat Beracun (Highly toxic).
Iron, terpapar uap besi akan mengakibatkan kondisi penyakit yang disebut siderosis. Hal ini tidak terdeteksi secara fisik, namun akan terlihat melalui hasil x-ray di paru-paru. Fungsi paru-paru tidak mengalami penurunan fungsi secara drastis. Uap dari logam berbahan besi dikelompokkan dalam “Fume Group A” yaitu beracun rendah.
Timbal, uap yang dihasilkan dari pengelasan logam yang mengandung timbal (lead) dapat mengakibatkan keracunan yang ditandai dengan sakit perut, muntah, pusing, dan lemas. Pada keracunan yang berat dapat mengakibatkan kematian. Uap Timbal (lead) dari hasil pengelasan dikelompokkan dalam “Fume Group C” yaitu Sangat Beracun (Highly toxic).
Itulah beberapa uap berbahaya yang dihasilkan dari kegiatan pengelasan logam, tentunya masih banyak lagi uap logam dari pengelasan yang juga berbahaya diantaranya magnesium, mangan, mercury, zinc, dn titanium. Langkah pengendalian terhadap uap pengelasan harus dilakukan untuk menjaga agar pekerja tidak terpapar, hal ini bisa dilakukan dengan pemasangan ventilasi atau blower sehingga uap tidak terhirup.
Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

9 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

10 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago