Categories: Coretan Kecil

Pekerjaan Membosankan

Published by
Darmawan Saputra

Dalam menjalani rutinitas, kadang kita menjalani dengan semangat yang menggebu-gebu seolah tidak ada hal yang dapat menghalangi untuk satu tujuan yang akan di capai. Namun pada kondisi tertentu , semangat dapat turun drastis. 

Mengapa semua itu terjadi?
  1. Lingkungan kerja yang tidak nyaman : Suasana kerja yang penuh dengan persaingan yang tidak sehat, saling sikut, atasan yang tidak bijak, bos yang pilih kasih, teman kerja yang tidak kooperatif. Hal ini tentunya akan sangat membuat semangat kerja kita cepat menurun.
  2. Rutinitas : Pekerjaan yang dilakukan setiap hari itu-itu saja, pemimpin tidak memberikan variasi pekerjaan dan tidak memberikan kesempatan untuk berkembang kepada bawahan. Tubuh kita seolah-olah sudah merekam tentang pekerjaan apa yang akan dilakukan, dan lebih banyak berfungsi seperti robot.
  3. Dan faktor lain seperti : kurang penghargaan terhadap kinerja, kurang umpan balik dari atasan, tidak adanya suri tauladan pada atasan, sasaran kerja yang tidak realistis dan selalu berubah-ubah, kritikan dari atasan yang terus menerus, dan lain sebagainya.
Terus bagaimana cara mengatasinya Mas…???

Banyak cara yang dapat dilakukan, dan kalau kita searching di mbah google akan banyak sekali jawaban dari mbah google (karena moto mbah google, “kalau google tidak bisa menjawab, berarti itu bukan pertanyaan”..hehe). Namun ada beberapa tips dari kami:
  1. Selesaikan pekerjaanmu dengan baik, seseorang yang berhasil menuntaskan pekerjaannya dengan baik biasanya akan ketagihan untuk melakukan tugas yang lain. Lalu tunggu apalagi, jangan lama-lama baca artikel ini di kantor, entar gak kelar pekerjaannya… baca di rumah aja ya..
  2. Carilah orang yang bisa menjadi inspirasi, karena orang tersebut yang dapat dijadian acuan oleh kita. Kalau ada atasan yang bisa memberikan inspirasi, jadikanlah beliau inspirator. Jika tidak ada carilah inspirator di luar area kerja kita. Contoh apa yang telah mereka lakukan…
  3. Carilah makna lain dari pekerjaan kita, untuk siapa kita bekerja?untuk diri kita sendiri, untuk membantu orang tua, atau untuk keluarga. Selalu ingatlah mereka… selain itu, makna lain dari pekerjaan kita adalah kita bisa menambah ilmu dan wawasan kita, meluaskan jaringan dengan kenal rekan kerja lain, bisa jalan-jalan dan mengenali daerah lain, bisa belajar memahami orang lain, kultur dan budaya daerah setempat, belajar cara memahami karakter dan tabiat orang, dan masih banyak hal posistif yang bisa kita maknai dari pekerjaan kita.
  4. Rubah pola pikir, “…, orang-orang yang tidak bisa mengubah pikirannya, tak akan mengubah apapun (George B Shaw)”. Apakah kita mau seperti ini terus, atau mau menjalani masa depan yang indah sesuai impian yang dibayangkan. Kalau ditanya “Anda punya visi hidup?”, “Apa keahlian Anda untuk mencapai visi hidup Anda?”. Apakah kita semua sudah mempersiapkan untuk hidup yang lebih baik.

Mari kita tingkatkan kompetensi kita, dan rubah pola pikir kita agar tidak terjebak dalam rutinitas yang membosankan.

Jabat erat

Darmawan Saputra

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago