Pekerjaan Risiko Tinggi di Industri Pertambangan

Published by
Darmawan Saputra
Salah satu karakteristik dari industri pertambangan adalah High Risk (risiko tinggi). Penggunaan peralatan dengan teknologi tinggi, hampir 24 jam bekerja dalam sehari, dan melibatkan banyak sekali sarana dan prasarana, hal ini tidak jarang mengakibatkan banyak kecelakaan baik yang berdampak kerugian kecil maupun sampai kehilangan nyawa.

Dalam upaya untuk meminimalisir peluang terjadinya kecelakaan, perusahaan akan melakukan penilaian risiko sebelum melakukan pekerjaan. Penilaian risiko ini menjadi dasar dalam pengembangan program-program kerja untuk memastikan pekerjaan dapat dilakukan dengan aman. Pekerjaan (job) akan diklasifikasikan menjadi beberapa klasifikasi risiko untuk menentukan tingkat prioritas dalam melakukan pengendalian, pekerjaan yang memiliki risiko tinggi akan lebih diutamakan dalam pengendaliannya dari pada pekerjaan yang memiliki risiko relatif rendah.
Beberapa pekerjaan (job) di industri pertambangan yang pada umumnya memiliki risiko tinggi adalah sebagai berikut:
Explosives & Blasting
Dalam melakukan kegiatan penambangan, perusahaan akan menggunakan peledakan untuk memudahkan dalam mengeksploitasi bahan galian. Kegiatan peledakan (blasting) memiliki risiko yang tinggi karena dampak minimal yang dapat menimpa pekerja apabila terjadi kecelakaan pada peledakan adalah cidera berat, dan sudah banyak sekali kasus kecelakaan yang berakibat fatal (mati) pada kegiatan peledakan.
Mobile Equipment
Statistik kecelakaan menyatakan bahwa hampir 70 persen melibatkan mobile equipment. Mobile equipment adalah semua peralatan yang digerakkan mesin yang digunakan  di pertambangan seperti truck pengangkut, excavator, kendaraan kecil (light vehicle). Tingginya kecelakaan dan keparahan dari kecelakaan yang berkaitan dengan mobile equipment menjadikan semua pekerjaan yang berkaitan dengan mobile equipment dikategorikan risiko tinggi.
Working at Height

Bekerja di atas ketinggian menjadi salah satu pekerjaan yang memiliki risiko tinggi berikutnya, data kecelakaan yang melibatkan pekerjaan di atas ketinggian mengakibatkan tingkat keparahan yang tinggi pada pekerja. Pekerjaan ini paling sering dilakukan pada kontruksi bangunan dan maintenance alat-alat berat.

Towing dan Lifting

Penarikan dan pengangkatan juga termasuk dalam pekerjaan yang memiliki risiko tinggi, oleh karena itu perencanaan pengangkatan (lifting plan) harus benar-benar dijalankan agar bahaya dari pekerjaan pengangkatan dan penarikan dapat dikontrol. Yang perlu diperhatikan adalah kesesuaian alat angkat dan alat bantu angkat terhadap beban yang diangkat atau ditarik.

Confined Space

Pekerjaan yang mengharuskan pekerja melakukan pekerjaan di ruang terbatas (confined space) banyak dilakukan di industri pertambangan seperti pembersihan tangki BBM, pengelasan tangki air, pengalasan tanur, dan masih banyak yang lainnya. Bahaya dari pekerjaan ini adalah kekurangan oksigen, menghirup gas berbahaya.

Itulah beberapa pekerjaan yang pada umumnya memiliki risiko tinggi di industri pertambangan. Namun tidak serta merta semua sama, biasanya perusahaan memiliki list yang berbeda-beda yang disesuaikan dengan penilaian risiko (HIRA/IBPR) masing-masing.

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

9 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

10 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago