Cara Mencegah Paparan Kebisingan – Dunia industri akhir-akhir ini semakin memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja, kerugian-kerugian yang diakibatkan karena terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja dapat menghambat pertumbuhan perusahaan. Langkah-langkah pencegahan sudah dilakukan mulai dari identifikasi semua bahaya dari setiap pekerjaan, sampai langkah pengobatan bagi pekerja yang mengalami kecelakaan atau penyakit akibat kerja. Salah satu bahaya yang sering muncul adalah bahaya fisik yang berupa kebisingan.
Paparan kebisingan akan membuat kerusakan sel-sel sensorik di dalam telinga, hal ini sulit sekali terdeteksi. Ciri yang paling mudah untuk mengidentifikasi adanya kerusakan sel sensorik di telinga adalah semakin berkurangnya daya pendengaran.

Cara termudah untuk melakukan test tingkat paparan kebisingan di area kerja anda adalah dengan mengajak bicara rekan kerja yang dekat dengan anda (jarak 1-2 meter). Jika anda perlu menaikan suara anda sampai rekan anda mendengar dengan jelas perkataan anda, maka area tersebut terpapar kebisingan (dengan syarat pendengaran rekan kerja anda normal).

Durasi terhadap paparan kebisingan juga harus diperhatikan, paparan terhadap kebisingan secara terus menerus juga sangat berbahaya bagi kesehatan pendengaran. Berikut ini adalah table waktu paparan terhadap kebisingan sesuai dengan Permenakertrans No 13 tahun 2011 tentang NAB Faktor Fisika dan Kimia di Area Kerja.

Bagaimana Pencegahan Kebisingan di Area Kerja …?

Jika kita sudah membaca dan belajar tentang hirarki pengendalian risiko, maka pengendalian yang paling efektif adalah pengendalian secara primary conrols (eliminasi, substitusi, dan engineering). Namun dengan factor tertentu kadang pengendalian risiko terpapar kebisingan dilakukan sampai penggunaan alat pelindung diri.

Sebagai contoh :
Kebisingan yang disebabkan karena mesin Generator Set (Genset) yang sedang beroprasi.

Pengendaliannya 

Primary Controls:

Eliminasi : Hilangkan Gensetnya, atau matikan Gensetnya (pengendalian ini sering tidak bisa dilakukan karena kebutuhan operasional)
Substitusi : Ganti Genset dengan accu (aki), atau genset yang silent.
Engineering : Buat rumah-rumahan untuk genset, dan diberi peredam (cara ini yang paling banyak dilakukan).

Secondary Controls :

Pengaturan lama pekerja terpapar kebisingan seperti pola gilir kerja (shift) agar tidak terpapar lebih dari 8 jam untuk 85dBA (sesuai table di atas), jadwal perawatan mesin genset, pemasangan rambu APD yang diwajibkan dan rambu radius aman paparan kebisingan.

Tertiary Controls:

Pembuatan prosedur kerja terkait pekerjaan di area genset

APD (Alat Pelindung Diri)

Penggunaan APD seperti earplug dan earmuff

Yang harus selalu diingat saat melakukan pengendalian dengan tujuan untuk mencegah risiko terpapar kebisingan adalah selalu dari pengendalian pertama (primary controls), jika pengendalian tersebut masih menyisakan kebisingan (risiko sisa) maka perlu dibantu dengan pengendalian yang selanjutnya sampai ke Alat Pelindung Diri (APD).

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago