Sabuk Keselamatan (Safety Belt) merupakan salah satu alat pelindung jatuh yang sering digunakan pada pekerjaan di atas ketinggian. Alat pelindung ini memiliki fungsi yang sama dengan full body harness, namun safety belt hanya diikatkan pada bagian pinggang pekerja saja dan lanyard dikaitkan pada anchor.

Penggunaan Saefty belt sebagai alat pelindung jatuh harus mempertimbangkan bahwa sebaiknya safety belt tidak digunakan pada pekerjaan yang memungkinkan pekerja dapat terjatuh dari ketinggian. Hal ini dikarenakan apabila pekerja terjatuh, maka pekerja tersebut masih dapat mungkin mengalami cidera pada pinggang atau tulang belakang walaupun pekerja tidak menyentuh permukaan tanah (pekerja tergantung). Cidera ini disebabkan karena tekanan yang ditimbulkan dari safety belt yang dilingkarkan pada pinggang pekerja. Untuk itu apabila potensi terjatuh sangat besar kemungkinannya terjadi, maka langkah yang paling tepat dilakukan adalah menggunakan full body harness atau memasang pagar pembatas jika ingin tetap menggunakan safety belt.

Pemeriksaan Safety Belt
Sebelum digunakan safety belt wajib diperiksa kelayakannya, pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan fisik yang meliputi pemeriksaan buckle, webbing, ring, dan informasi lain yang disyaratkan oleh pabrik pembuat. Jangan pernah menggunakan safety belt jika kondisinya rusak atau webbing telah berserabut atau koyak (aus).

Buckle
Periksa kondisi buckle apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti bengkok, retak, atau tidak dapat bergerak bebas karena karat. Periksa juga pin pengunci apakah berfungsi dengan baik, tidak bengkok, dan dapat bergerak bebas. Jangan gunakan apabila pin pengunci dapat melewati besi buckle.
Pemeriksaan buckle safety belt

Webbing

Jangan pernah menggunakan safety belt apabila terdapat tanda-tanda kerusakan seperti robek, berserabut, terkoyak, teriris.

Pemeriksaan Webbing

Ring
Ring berfungsi sebagai pengait lanyard pada belt, pastikan kondisi ring tidak retak, bengkok, berkarat atau tanda-tanda kerusakan lainnya. Jangan pernah memaksakan menggunakan ring yang sudah mengalami kerusakan.

Pemeriksaan Ring
Label Informasi

Informasi yang diberikan oleh pabrik pembuat sangat penting untuk dipahami agar penggunaan safety belt sesuai dan aman digunakan. Informasi tersbut meliputi : ukuran safety belt, tanggal pembuatan dan kadaluarsa, cara penggunaan, berat beban yang diijinkan, dan informasi lain. Informasi ini dapat dilihat pada buku panduan atau label yang tertera pada safety belt.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat menggunakan safety belt sebagai alat elindung jatuh pada pekerjaan di atas ketinggian. Sebelum menggunakan safety belt pastikan terlebih dahulu ukuran belt telah sesuai dengan lingkar pinggang pekerja, gunakan safety belt pada pinggang bagian atas. Jangan menggunakan belt terlalu rendah di pinggang (pelvic area).
Sumber: Work Safe BC- Personal Fall Protection Equipment

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago