Penyakit Kanker akibat Asbes

Asbes merupakan salah satu bahan bangunan yang banyak digunakan baik di perkantoran maupun rumah-rumah masyarakat. Namun asbes sangat berbahaya bagi kesehatan pekerja maupun penguna rumah.
 
Orang yang terpapar asbes (pekerja atau penghuni rumah) dapat berpotensi mengalami penyakit kanker. serat silica yang terkandung pada asbes jika terhirup akan mengendap di paru-paru, selain itu juga menghirup asbes dapat menyebabkan penebalan pleura (selaput yang melapisi paru-paru).
 
Kanker yang disebabkan oleh asbes adalah kanker mesothelioma. Nama mesothelioma berasal dari nama sel dalam tubuh kita yaitu mesothelium. ada tiga jenis kanker mesothelioma yaitu:
 
1. Mesothelioma pleural
Penyakit kanker ini terjadi pada paru-paru, yang ditandai dengan gejala sesak nafas, batuk, dahak berdarah, penurunan berat badan, nyeri di bagian dada, otot lemah.
 
2. Mesothelioma peritoneal
Kanker pada lapisan perut, yang dapat menyebabkan penderita mual, kembung, gangguan gerakan pada usus, dan bengkak di kaki.

jenis kanker karena asbes
3. Mesothelioma pericardial
Kanker ini terjadi pada jantung, yang ditandai dengan gejala batuk, nyeri pada dada dan gejala yang hamper sama dengan kanker paru-paru.
 
Diagnosa dapat dilakukan dengan menggunakan stetoskop dan rontgen dada, tes fungsi paru dan CT scan paru.
 
Pengobatan kanker akibat asbestos dapat dilakukan dengan mengeluarkan lendir/dahak pada paru-paru, dengan pemberian obat untuk mengencerkan lendir.
 
Pencegahan agar terhindar dari penyakit akibat asbes adalah dengan mengurangi kadar serat pada asbes, mengurangi kadar debu pada area kerja, dilarang merokok pada area yang terpapar debu asbes, menggunakan masker, dan mengganti pakaian setelah bekerja.
 
Sumber : www.darmawansaputra.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *