ISO 9001 merupakan salah satu standar internasional yang banyak dianut oleh berbagai jenis organisasi (industri). Standar internasioal tentang sistem manajemen mutu yang dikeluarkan IOS (international organization for standarization) ini mengalami perubahan setiap 5 (lima) tahun sekali sejak dikeluarkan pada tahun 1987, dan dikabarkan pada tahun 2015 ini akan dilaunching versi terbarunya.

Santer dikabarkan Draft yang disusun oleh Technical Commitee 176 (TC 176) telah rampung dan siap disahkan pada bulan oktober 2015, namun belum ada yang bisa memastikan. Kita nantikan saja versi terbaru dari sistem manajemen mutu (1SO 9001), semoga perubahan yang ada dapat memberikan angin segar bagi para pemilik usaha atau organisasi.
Dari beberapa sumber dan bocoran yang ada, perubahan ISO 9001:2015 tidak jauh beda dari ISO 9001:2008, namun ada beberapa hal yang berubah diantaranya:
  1. Penggunaan kata “product” pada versi 2008 diganti dengan menggunakan “barang dan Jasa (goods and services)”, hal ini dapat meminimalkan perbedaan makna mengenai product.
  2. Pada versi 2015 diwajibkan bagi perusahaan atau organisasi untuk melakukan identifikasi risiko terkait dengan mutu. dan hasil identifikasi bahaya dijadikan sebagai acuan dalam melakukan preventive action.
  3. Pada versi terbaru penggunaan kata “document & record” diganti dengan “documented information”
  4. Pada ISo versi 2015 ditegaskan bahwa perusahaan atau organisasi harus menggunakan pendekatan proses (process approach).
Itulah beberapa bocoran tentang perubahan yang ada pada ISO 9001:2008 ke versi ISO:2015, tentunya semua itu memberikan kemudahan-kemudahan dan tentunya menyempurnakan dari ISO versi 2008. Kita tunggu saja kelahiran ISO versi terbaru, semoga perubahannya tidak mengharuskan para perusahaan merubah banyak hal dari sistem manajemen terintegrasi yang ada.

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

3 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

3 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

3 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

4 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago

Tema Bulan K3 Nasional Tahun 2023

Tema Bulan Nasional K3 Tahun 2023 Tema Bulan K3 Nasional Tahun 2023 - Pemerintah melalui…

1 year ago