Pesona Keramahan Melalui Bahasa tubuh

Published by
Darmawan Saputra
Pada artikel sebelumnya tentang Salah Tafsir sudah kami bahas mengenai banyak orang yang mampu membaca karakter seseorang dari pandangan pertama, bahkan lima menit pertama. Ini tercermin dari kesan (image) yang dikeluarkan oleh seseorang terhadap lawan bicaranya atau orang yag ditemuinya. Pada dasarnya kita tidak boleh menilai seseorang dari apa yang tampak luarnya saja seperti pepatah yang terkenal “ do not judge the book by its cover”.

 

Namun, Bahasa tubuh kita biasanya tanpa disadari akan menjelaskan tentang kepribadian kita. Bagaimana cara kita menghadapi orang lain, menanggapi lawan bicara, Bahasa tubuh kita akan mampu menunjukkan keaslian diri kita, apakah kita orang yang ramah, orang yang terbuka, dan lain sebagainya.

 

Berikut ada dari Vanessa Van Edwards, seorang pakar behavioral investigator. Agar anda menampilkan pesona keramahan melalui Bahasa tubuh, berikut ada tips:

1. Perlihatkan tangan anda

Hindarkan menyilangkan tangan di depan dada saat bicara dengan orang lain atau meletakkan tangan di dalam saku. Ini menunjukkan ada penghalang antara anda dan lawan bicara, menunjukkan anda adalah orang yang tertutup dan angkuh. Perlihatkan tangan anda, ini menunjukkan sikap penerimaan anda terhadap lawan bicara.

 

2. Arahkan kepala Anda ke lawan bicara

Tunjukkan ketertarikan anda kepada lawan bicara dengan memiringkan sedikit kepala anda kea rah lawan bicara. Lakukan dengan santai dan jangan terlalu menunduk kea rah lawan bicara, ini menunjukkan anda adalah orang yang “kepo”.

 

3. Anggukkan kepala

Saat lawan kita bicara anggukkan kepala, ini menunjukkan anda mendengarkan dan penuh ketertarikan. Anggukan yang lebih cepat akan mengisaratkan anda setuju, lakukan anggukan sewajarnya saja karena terlalu sering mengangguk akan sangat menjengkelkan, apalagi dibumbui dengan “he-eh..he-eh”.

 

4. Arahkan bahu dan kaki ke lawan bicara

Bila anda bicara dengan orang lain namun bahu anda tidak mengarah ke lawan bicara, ini menunjukkan bahwa Anda tidak memperhatikan lawan bicara anda. Begitu juga arah kaki anda, juga mengisaratkan hal yang sama.

 

Sederhana bukan, dengan melakukan Bahasa tubuh yang baik akan membuat kita menjaadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain.

 

Jabat erat

Darmawan Saputra

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago