Slide presentasi akan mempermudah kita dalam mengungkapkan tujuan, dan bahkan presentasi yang dibuat dengan cara yang benar dapat mempengaruhi orang lain untuk mengikuti ide kita, membeli barang yang kita jual, atau bahkan menyetujui proposal yang kita ajukan.

Hal yang perlu kita ketahui dalam presentasi adalah bahwa slide presentasi yang baik bukanlah slide yang penuh dengan data, penuh dengan tulisan, atau banyak konten hiasan dan suara-suara. Namun, slide yang singkat, sederhana, dan tepat sasaran.

Bagaimana cara menyusun presentasi yang baik ?

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat presentasi diantaranya:


1.    Sesuaikan huruf (jenis huruf, ukuran, warna)
Ini sangat penting diperhatikan, begitu banyak orang terjebak pada penggunaan huruf yang salah. Jika hal ini ada dipresentasi anda, ini dapat menyiksa peserta yang hadir. Sesuaikan huruf dengan warna background, ukuran huruf dan jenis huruf agar mudah terbaca.

2.    Perbanyak visual dan kurangi teks
Pernahkan melihat steve jobs melakukan presentasi saat mempromosikan produk ipod, disana beliau lebih banyak menggunakan gambar yang menggugah imajinasi audiens. Bahkan dalam slidenya hanya ada tulisan “50%” saja, tidak ada tulisan lain selain tulisan itu. Steve jobs lebih memilih banyak menjelaskan, dari pada menulis semua hal-hal penting dalam slide.
Pernah dengar bahwa “gambar dapat menggantikan seribu Bahasa”, itu sangat benar. Gambar dapat membantu audiens memahami dan berimajinasi tentang apa yang kita jelaskan. Berbeda dengan kita yang masih membuat slide dengan penuh teks, bahkan sampai kebingungan akan menaruh data di slide karena sudah terlalu penuh.
Gantilah bullet dan numbering dengan menggunakan gambar, ini akan terasa lebih menarik.

3.    Bercandalah
Ingat keberhasilan presentasi juga sangat dipengaruhi oleh bagaimana kita berinteraksi dengan audiens, hal ini dapat ditunjukkan dengan melakukan humor untuk menghidupkan suasana. Sesekali lakukanlah kelakar/cerita lucu agar audiens kita tidak merasa bosan.

4.    Gunakanlah Bahasa yang sederhana
Presentasi yang baik adalah presentasi yang mudah dipahami oleh audiens, baik itu dari slide maupun penyajiannya. Penggunaan Bahasa sangat dianjurkan menggunakan Bahasa yang sederhana, sehingga audiens mudah memahami. Jangan terjebak dengan penggunaan Bahasa yang rumit agar terlihat cerdas, namun audiens tidak memahami. Seperti “twenty nine my age”, dan penggunaan istilah lain yang menyusahkan audiens.

5.    Terus berlatih menguasai materi
Menguasai materi adalah kunci utama dalam kesuksesan melakukan presentasi, bisa dibayangkan slide presentasi yang bagus jika dibawakan oleh orang yang tidak mengerti data dan tujuan dari presentasi tersebut.
Untuk mengusai materi tentunya kita harus ikut serta dalam pembuatan materi, dan berusahalah untuk membaca dan mempelajari slide presentasi berulang-ulang sebelum menyajikan di depan audiens.

Itulah beberapa langkah dalam mempersiapkan presentasi, mari mulai sekarang kita rubah cara presentasi kita agar audiens yang telah merelakan waktunya untuk datang tidak kecewa atau merasa bosan. Ciptakan presentasi yang memukau, dan mampu menggugah imajinasi audiens agar mengikuti tujuan atau ide yang akan kita capai.

Salam
Darmawan saputra

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago