Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 “Connecting People To Nature”

Published by
Darmawan Saputra

Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2017 – PBB telah mengeluarkan tema resmi untuk perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017, dalam situs resminya UNEP merilis tema “Connecting People To Nature“.

Hari Lingkungan merupakan perayaan tentang Pelestarian Lingkungan yang diselenggarakan pada tanggal 5 Juni setiap tahunnya secara serentak di seluruh dunia. Untuk perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 yang ditunjuk selaku tuan rumah adalah Kanada.

Tema hari lingkungan “Connecting People to Nature” sendiri mengajak Kita semua untuk kembali berpikir bahwa manusia merupakan bagian dari alam semesta. Kehidupan manusia sangat bergantung pada alam, tentu ini memberikan peluang bagi manusia untuk mencari solusi yang tepat bagaimana menyelaraskan kebutuhan manusia dengan kelestarian lingkungan. Ini merupakan hubungan yang sangat Vital, karena manusia membutuhkan ruang untuk hidup seiring bertambahnya jumlah penduduk yang sudah barang tentu juga akan menambah kebutuhan akan sumberdaya.

Bagitu banyak keperluan hidup manusia yang disajikan oleh Alam, Oksigen, Air, Sumber makanan, Sumberdaya alam, dan lain sebagainya. Namun, akhir-akhir ini begitu banyak kerusakan di alam yang mengatasnamakan kebutuhan hidup seperti mengubah area resapan air menjadi komplek pemukiman, membunuh hewan untuk dijual, penyiksaan terhadap satwa liar, pembuangan sampah dan limbah di badan air.

Konsep Etika Lingkungan Berkaitan Dengan Tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017

Manusia merupakan makhluk Tuhan yang paling tinggi derajatnya, dan memiliki peranan yang besar terhadap lingkungan. Berbagai macam aktivitas dan pengembangan ilmu pengetahuan dilakukan untuk mendukung kepentingan manusia, namun pada akhirnya banyak degradasi pada lingkungan justru tercipta.

etika lingkungan merupakan suatu pendekatan untuk menyadarkan manusia tentang paradigama yang belum sesuai saat memanfaatkand dan mengelola alam semesta. Beberapa konsep etika lingkungan yang dikembangkan oleh manusia yaitu antroposentrisme, biosentrisme, dan ekosentrisme. Setiap konsep dan teori tersebut memiliki pandangan yang berbeda-beda dalam menilai kebergantungan antara manusia dengan lingkungannya.

Konsep Antroposentrisme merupakan teori yang mengutamakan kepentingan manusia sebagai bagian terpenting. jadi dalam antroposentrisme, manusia dan kepentingan manusia memiliki nilai tertinggi. Konsep ini yang dianggap sering enimbulkan masalah pada lingkungan.

Konsep Biosentrisme merupakan suatu keyakinan bahwa kehidupan manusia memiliki hubungan yang sangat erat dengan kehidupan seluruh alam. Dalam Biosentrisme manusia dianggap sebagai salah satu makhluk hidup dari alam semesta yang mempunyai rasa saling ketergantungan dengan makhluk hidup lainnya di alam semesta.

Konsep Ekosentrisme merupakan konsep yang berkeyakinan bahwa makhluk hidup mempunyai nilai dan berharga pada dirinya sendiri.

Biosentrisme dan ekosentrisme sendiri sering dianggap sama, kedua konsep ini bertujuan merupabah paradigma Antroposentrisme.

Apa yang bisa Anda Lakukan untuk Mendukung Program ini..?

Tentu tujuan utama dari dilaksanakan Hari Lingkungan ini bukanlah seremonial belaka, melainkan action nyata. Setiap masyarakat diharapkan ikut serta dalam mengelola lingkungan, untuk menunjukkan keikutsertaan dalam mendukung tema hari lingkungan hidup 2017 tidak harus mengikuti seremonialnya, ini dapat dilakukan dalam lingkup kecil yaitu keluarga dan tindakan keseharian.

Perorangan

  1. Jangan membuang sampah sembarangan
  2. Berkomitmen untuk memungut sampah jika menemukannya
  3. Gunakan listrik secara bijak, matikan peralatan listrik yang tidak digunakan
  4. Menanam pohon di halaman rumah
  5. Menggunakan air secara bijak
  6. Membuat sumur resapan
  7. Makan sesuai kebutuhan (consume with care)
  8. Tidak membakar Hutan
  9. Tidak membunuh satwa liar (tidak berlaku untuk hewan yang memang untuk keperluan dikonsumsi)
  10. Matikan kendaraan saat diparkir

Pekerja/ Karyawan

  1. Gunakan kertas secara bijak, bila perlu print bolak balik atau gunakan kertas bekas.
  2. Gunakan kendaraan umum untuk berangkat dan pulang kantor
  3. Tidak membuang limbah ke lingkungan
  4. Segera melakukan penghijauan untuk lahan yang dibuka

Itu beberapa contoh kecil sebagai bentuk ikut serta mendukung tema hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 “Connecting People to Nature”. Mari untuk menjaga kelestarian lingkungan, lakukan hal sekecil apapun yang berdampak pada kelestarian lingkungan.

Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

9 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

10 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago