Bekerja di atas Ketinggian-Alat pelindung jatuh wajib digunakan oleh pekerja yang melakukan pekerjaan di atas ketinggian, yang berpotensi menimbulkan cidera serius akibat teratuh dari ketinggian. Pada beberapa sistem manajemen keselamatan disebutkan bahwa semua pekerjaan yang dilakukan pada ketinggian 1,8 meter dari tanah diwajibkan menggunakan alat pelindung jatuh.

Selain menyiapkan peralatan pelindung jatuh, hal yang tidak kalah penting adalah memberikan pemahaman kepada pekerja terkait potensi bahaya jatuh, pemilihan alat pelindung jatuh yang sesuai, dan cara menggunakan alat pelindung jatuh yang benar.

Walaupun tujuan penggunaan alat pelindung jatuh yang pada dasarnya untuk melindungi pekerja dari cidera, namun kondisi aktual di lapangan tentunya tidak serta merta mudah untuk diterapkan. Pekerja-pekerja banyak sekali yang enggan menggunakan peralatan pelindung jatuh ini dengan berbagai macam alasan, seperti menggangu keleluasaan dalam melakukan pekerjaan, menganggap pekerjaan sudah biasa dilakukan, dan lain sebagainya.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk jatuh
Banyak pekerja yang mengira bahwa mereka masih memiliki waktu untuk mengembalikan keseimbangan tubuh mereka sebelum terjatuh, padahal itu tidak sepenuhnya benar. Berikut adalah perbandingan ketinggian dan waktu yang dibutuhkan seseorang untuk jatuh:

Waktu (detik) Ketinggian (meter)
0,5 1,2
1 5
1,5 11
2 20
2,5 31
3 44
4 78
Jika membaca tabel di atas, hampir tidak mungkin seorang pekerja dapat melakukan sesuatu untuk menyeimbangkan tubuhnya sebelumjatuh. Bahkan dengan sangat singkatnya waktu yang dibutuhkan seseorang untuk jatuh, tidak memungkinkan seorang pekerja untuk dapat meraih sesuatu untuk mempertahankan dirinya agar tidak terjatuh.

Pemahaman seperti inlah yang perlu ditumbuhkan kepada para pekerja agar mereka mau menggunakan peralatan pelindung jatuh agar dapat mencegah terjadinya kecelakaan. Pencegahan pekerja jatuh dapat dilakukan dengan menggunakan safety harness (fall arrest atau fall restraint)

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

5 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

8 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

8 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

9 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

10 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago