Keselamatan Kerja Itu “PEMBOROSAN” Atau “INVESTASI”..?

Biaya Keselamatan Kerja, Budget untuk safety, Meyakinkan manajemen tentang keselamatan kerja, Program Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Safety, safety itu biaya atau investasi,

ROI of Safety – Keselamatan Kerja merupakan bagian yang tidak terpisah dari suatu bidang usaha, bahkan keselamatan kerja disebut sebagai hak bagi setiap pekerja untuk mendapatkan perlindungan saat bekerja sehingga bisa bekerja lebih aman dan tidak terjadi kecelakaan…

Yang jadi pertanyaan, apakah menerapkan keselamatan kerja menjadi mudah walaupun semua tahu bahwa keselamatan kerja itu penting…?

…Tidak juga..

…kita melihat dari sisi pekerja terlebih dahulu..

walaupun perusahaan sudah menyediakan alat pelindung diri ataupun membuat peraturan yang bisa membantu karyawan agar lebih aman saat bekerja, masih juga ditemukan pekerja tidak mau memakai atau mengikuti aturan tersebut… dan yang terjadi adalah kecelakaan..

Terus dari sisi Manajemen… Meyakinkan manajemen terkait pentingnya safety lebih sulit dibanding dengan karyawan… terutama jika berkaitan dengan biaya..

Biaya yang dikeluarkan untuk Keselamatan Kerja dinilai menjadi biaya yang tidak menghasilkan profit bagi pemilik modal… oleh karena itu tidak jarang bahwa masih banyak manajemen perusahaan yang enggan mengeluarkan biaya untuk menunjang program Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Biaya Keselamatan Kerja Adalah Sasaran Utama Efisiensi Biaya Operasional

Paradigma manajemen seperti itu wajar saja.. karena tujuan dari bisnis adalah keuntungan…untuk mencapai keuntungan yang maksimal tentu operasional harus didesain lebih lean dengan meminimalkan biaya operasional…

Biaya-biaya yang tidak menghasilkan keuntungan akan ditekan, termasuk didalamnya adalah biaya tentang Safety..

Mengapa begitu…? Coba Anda lihat contoh kasus berikut..

“jika Anda membeli mobil dengan merk tertentu, coba bandingkan antara mobil dengan grade rendah dan grade yang tinggi, kira-kira apa yang membedakan sehingga harganya berbeda…?

Anda akan menemukan bagian-bagian yang berkaitan dengan Safety dihilangkan, misalnya Air bag, Seat Belt lebih jelek kualitasnya, dan lain-lain.

Itu menandakan bahwa aspek safety akan menjadi sasaran utama efisiensi biaya operasional…

Ini merupakan tugas Bagian Keselamatan Kerja untuk meyakinkan manajemen tentang biaya K3 merupakan suatu investasi bukan hanya biaya yang tidak menghasilkan keuntungan…sehingga bisa mengalokasikan biaya untuk aspek Keselatan Kerja.

Bagaimana Cara Meyakinkan Manajemen Tentang Biaya Safety Adalah Investasi..?

Sekali lagi bahwa meyakinkan manajemen adalah tantangan besar, namun bukan berarti hal ini tidak mungkin.

Sebalum Anda mencoba meyakinkan manajemen terkait pentingnya biaya Safety, tentu Anda harus memiliki senjata yang tepat..

…Senjata yang paling ampuh adalah Menunjukkan besarnya Keuntungan jika menerapkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja…

Sebelum Anda mengajukan alasan ke manajemen, tentu Anda harus mengumpulkan biaya-biaya jika terjadi gangguan yang berkaitan dengan Keselamatan Kerja seperti kecelakaan dan karyawan sakit…

Anda harus mengkalkulasikan biaya langsung dan biaya tidak langsung pada suatu kasus kecelakaan..

…Sehingga Anda bisa mengkonversikannya dengan kerugian perusahaan jika tidak menerapkan Keselamatan Kerja…

yang perlu disiapkan didalam melakukan analisa biaya pada suatu kecelakaan tentu Anda harus memahami apa itu biaya langsung dan biaya tidak langsung..

Untuk mengetahui lebih tentang biaya langsung dan biaya tidak langsung dalam Kecelakaan akan kita bahas pada artikel selanjutnya..

Anda akan mengetahui seberapa besar biaya tidak langsung dibanding dengan biaya langsung kecelakaan.. Jika Anda menyajikan perhitungan yang rasional, maka meyakinkan manajemen tentang biaya Safety adalah Investasi bukanlah hal yang tidak mungkin..

loading...
About Darmawan Saputra
Saya adalah Seorang Lulusan Teknik Lingkungan UPN Veteran Yogyakarta, Saat Ini bekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*