Lock Out Tag Out (LOTO)

Published by
Darmawan Saputra
Lock Out Tag Out – Lock Out Tag Out (LOTO) adalah tatacara untuk mengisolasi energi, peralatan, atau instalasi dari pengoperasian yang tidak direncanakan dan energi tersembunyi.

Prosedur LOTO bertujuan untuk memberi perlindungan dalam pekerjaan yang menuntut suatu bagian tubuh berada dalam posisi dimana gerakan yang tidak disengaja atau lepasnya energi berbahaya yang tersimpan dapat menimbulkan cedera atau sakit.

Lakukan prosedur Isolasi (LOTO) apabila terdapat beberapa hal berbahaya berikut saat melakukan pekerjaan, beberpa hal berbahaya yang memerlukan isolasi adalah sebagai berikut:
Elektrik (Listrik)
Energi listrik yang memerlukan isolasi jika tegangan listrik dapat mengakibatkan cidera pada pekerja saat terjadi kontak. Selain itu, lakukan isolasi terhadap energi listrik yang menjadi sumber energi untuk menggerakkan peralatan atau permesinan.
Mekanik
Energi mekanis dianggap berbahaya apabila dapat mengakibatkan cidera pada pekerja. Beberapa jenis energi mekanis adalah energi potensial (gravitasi), hidrolik, pneumatik, dan energi tersembunyi.

Radiasi
Prosedur isolasi wajib dilakukan pada pekerjaan yang mengandung bahaya radiasi, bahaya radiasi yang dapat mengakibatkan kerusakan organ pada tubuh manusia baik yang diakibatkan oleh terpapar maupun karena lepasnya radioaktif tanpa disengaja.

Temperatur
Temperatur yang dimaksud dapat berupa temperatur panas maupun temperatur yang dingin. temperatur yang sangat panas atau sangat dingin dapat membahayakan pekerja apabila melebihi kemampuan tubuh untuk menahannya.

Bahan Kimia
Bahan kimia dianggap berbahaya bila berisi bahan bahan yang dapat menimbulkan cedera atau penyakit melalui kontak dengan cara dihirup, diserap atau dicerna. Klasifikasi dari bahan kimia diantaranya adalah:

  • Mudah terbakar
  • Korosif
  • Oksidasi
  • Beracun
  • Mudah meledak
Pada beberapa literatur dijelaskan bahwa Prosedur LOTO tidak perlu dilakukan apabila sumber energi dapat dengan mudah diputus atau dapat dengan mudah dikontrol oleh pekerja (Erickson, 1996). Namun hal ini seharusnya tidak serta merta menjadikan kita menganggap remeh pekerjaan yang memiliki energi-energi berbahaya yang dapat diputus dan dikontrol oleh pekerja. Lakukan identifikasi terhadap kemungkinan terjadinya pekerja lalai dalam melakukan isolasi, atau pekerja lain dapat dengan mudah menyambungkan kembali energi tersebut yang mengakibatkan kecelakaan pada pekerja.

Berikut beberapa contoh perlengkapan Lock Out Tag Out (loto)

Gambar perlengkapan LOTO

Contoh penyimpanan perlengkapan LOTO

Prosedur loto (lock out tag out) ini harus dilakukan oleh pekerja yang telah mendapatkan pelatihan mengenai isolasi energi, dan dinyatakan lulus.

Sumber : www.darmawansaputra.com
Darmawan Saputra

Saya adalah Pekerja di Salah Satu Perusahaan Pertambangan Batubara. Saya Lahir Di Salah Satu Daerah Di Kotabumi (Lampung Utara).

Leave a Comment
Share
Published by
Darmawan Saputra

Recent Posts

Komunikasi Kebijakan – Sub Elemen 1.4 SMKP Minerba

Komunikasi kebijakan SMKP Minerba - Artikel kali ini melanjutkan sharing mengenai Sub elemen 1.4 dari…

4 months ago

Byford Dolphin Insiden Yang Menegaskan Bahwa “Orang Terbaik Pun Bisa Salah”

human error; human failure; kegagalan manusia; byord dolphin; keselamatan dan kesehatan kerja, kecelakaan kerja, K3…

7 months ago

Akankah Gap Antara Prosedur dan Praktik Kerja Bisa Hilang di Tempat Kerja?

Pemeriksaan Kecelakaan - Kecelakaan Kerja menjadi salah satu risiko yang harus dikendalikan oleh organisasi untuk…

7 months ago

Anda Personil K3 ? Sering Bereaksi Seperti ini Ketika Menghadapi Kecelakaan Kerja

Reaksi Saat Menghadapi Kegagalan - Kita semua pernah mengalami kegagalan atau mengetahui kegagalan orang lain,…

8 months ago

Penilaian Tingkat Pencapaian Kinerja Keselamatan Pertambangan

Kinerja Keselamatan Pertambangan - Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan (SMKP Minerba) telah dijalankan sejak dikeluarkan Permen…

9 months ago

Masih Memakai Piramida Kecelakaan Heinrich ? Mungkin Anda Perlu Berpikir Ulang Mulai Sekarang

Piramida Kecelakaan - Sebelum masuk ke pembahasan, pertama penulis ingin membuat disclaimer yaitu Heinrich adalah…

1 year ago